Review Makanan Enak Di Indonesia

10 Aneka Sop Khas Nusantara

admin
admin
August 21, 2019

Waktu udara dingin atau hujan turun, makanan hangat serta berkuah pastilah paling dicari. Asumsikan 1 mangkuk sup hangat tersaji di muka anda, ditambahkan dengan nasi hangat, sambal, serta kondimen lain yg membuat bertambah mantap. Slurp!

Bicara bab sup, model makanan ini memanglah bukan asli Indonesia. Masakan berkuah serta biasa disediakan hangat ini memang mendapat inspirasi dari sajian Barat pada masa dahulu, tetapi dengan racikan warga kita, sup ala Barat ini lebih tambah bercitrasa dengan bahan serta bumbu ciri khas Indonesia.

Nah, setiap wilayah atau daerah di Indonesia punyai kekhasan dalam memproduksi sup. Lantaran beragamnya hasil ternak, laut, serta tanam, sup-sup hangat ini disulap jadi masakan ciri khas wilayah yg ikonik serta harus dicoba. Ingin tahu apa bermacam sup atau sop di Indonesia? Mungkin diantaranya sudah pernah anda coba, nih.

1. Sop Tunjang

Kalaupun tahu dengan gulai tunjang, karena itu anda pastinya dapat mengira model sop yg satu ini. Yup, sop tunjang yaitu sop kaki yg memanfaatkan sapi muda.

Sop asal Pekanbaru ini memang sesaat seperti sop iga, tetapi tulang kaki sapi yg disediakan masih berbalut daging tebal dengan struktur empuk. Sop tunjang terbagi dalam potongan tunjang atau tulang kaki sapi, kentang, wortel, tomat, serta diberi daun bawang. Kuahnya yg bening kekuningan juga begitu bercitarasa lantaran terbagi dalam bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, kayumanis, serta cengkeh. Supaya bertambah mantap, santaplah dengan sepiring nasi putih yg masih mengepul!

2. Gangan atau Lempah Kuning

Sajian yg satu ini masih dimaksud sop, ya. Banyak orang-orang menyebutkan sajian ini jadi “sop gangan”, walau sebenarnya makna gangan dalam bahasa Belitung yaitu masakah berkuah berisi sayuran serta ikan laut atau daging sapi dengan rasa rempah kuat. Nah, gangan punyai makna yg sama seperti lempah, jadi anda gak butuh menyebutkan “sop gangan”, “sop lempah kuning”, atau “gangan lempah kuning” , ya.

Sehubungan wilayah Belitung kaya hasil laut, anda dapat membuat sop ini dengan model ikan apa pun seperti tenggiri, ketarap, kakap merah, serta kerisi. Tetapi, seringkali pun gangan ini disediakan dengan potongan daging sapi.

Nah, kelebihan dari sop ini yaitu ikan yg digunakan mestinya fresh supaya rasa-rasanya sungguh-sungguh mantap. Selesai dibuat bersih serta dipotong, ikan diolah dalam kuah kuning dengan bumbu kunyit, bawang merah, lengkuas, nanas/mangga muda, serta cabai rawit Belitung yg beraroma fresh serta kuat. Hmm, buat ingin tahu ya? Sop favoritnya orang Belitung ini enak disediakan dengan nasi hangat, sambal lalap, serta ikan teri goreng.

3. Sop Kaki Kambing

Berjalan-jalan malam di Jakarta, anda pastinya memandang sop kaki lima ini di selama jalan. Seperti namanya, sop kaki kambing tentulah dibikin dari kaki kambing plus penambahan bermacam dalaman kambing. Konon, masakan berkuah ini berasal dari Tanah Abang yg sebagian besar ditinggali oleh pedagang Arab waktu lampau. Pedagang Arab ini suka pada masakan olahan kambing, diantaranya berbentuk sop atau berkuah. Itu penyebabnya warga Betawi serta sekelilingnya juga ikutan memasak sop kaki kambing buat sajian keluarga.

Nah sop kaki kambing ada dua model nih, yaitu kuah bening serta kuah putih. Dimaksud kuah putih lantaran sop ini dibikin dengan paduan santan atau susu, lho. Bumbu kuahnya juga bermacam seperti merica, kaldu kambing, pala, kapulaga, cengkeh, serta bumbu ciri khas Timur Tengah yang lain.

Kaki kambing serta dalaman kedepannya ditambah potongan tomat, lalu disiram kuah serta ditambah sesendok minyak samin, daun bawang, bawang goreng, serta emping. Mantap, kan?

4. Sop Kimlo

Wah, sop yg satu ini sungguh-sungguh saya menganjurkan! Sop kimlo datang dari kota Solo serta khasnya, adalah kombinasi budaya Tionghoa serta Jawa, lho.

Sop ini terbagi dalam beberapa bahan simple seperti suwiran ayam, sayatan wortel, jamur kuping, soun, kembang tahu, serta bunga enak malam. Semua bahan itu kedepannya bakal dikasih kuah kaldu ayam hangat. Asumsikan begitu gurih, harum, serta enaknya sop ini, ya!

Nah tidak cuman jadi menu makanan seharian, sop kimlo pun seringkali disajikan buat acara-acara teristimewa seperti arisan sampai pesta perkawinan.

5. Sop Galantin

Apabila sop daging telah sangat biasa, anda sesekali butuh coba sop galantin! Pada intinya, galantin yaitu sajian peranakan Belanda berbentuk gulungan daging kaya bumbu, yg selanjutnya dipotong.

Seterusnya, potongan galantin ini dikasih potongan kol, kacang kapri, serta jamur kuping, lalu disiram kuah kaldu ayam yg rada gurih dan pedas. Kuah ini biasa dibikin dari kaldu ayam, merica, jahe, jahe, serta bunga lawang.

Paling akhir, taburi dengan bawang goreng serta santap pada saat hangat! Hmm, jadi ngiler ya? Sop galantin pertama diperkenalkan oleh penduduk Solo. Kebanyakan, model sop ini datang dalam perayaan besar seperti pernikahan.

6. Sop Matahari

Seperti namanya, penampilan sop asal Solo ini memang berwujud bahai matahari. Tidak usah ke Solo, sup ini begitu gampang buat dibikin sendiri.

Kulit telur diletakkan di atas tatakan gelas cekung, selanjutnya diisi serutan wortel, sayatan buncis, jamur kuping, jamur merah, kacang polong, sosis, serta adonan ayam yg telah di gabung telur. Selanjutnya bungkus serta kukus. Selesai masak, sayat sisi atas telur serta membuka sampai berberntuk seperti matahari.

Tampak cantik serta spesial, kan? Gak bertanya-tanya sop ini seringkali diketemukan jadi sajian di acara istimewa seperti pesta pernikahan sampai rumah makan di Solo.

7. Sop Buntut

Tukasnya, sop buntut satu diantara masakan Indonesia yg diidam-idamkan wisatawan asing, lho. Bahkan juga, sop dari ekor sapi ini jadi satu diantaranya menu sajian istana presiden. Wah, bermakna sop yg satu ini memang jempolan, ya.

Sop buntut terbagi dalam potongan ekor sapi, sayatan kentang, tomat, serta wortel yg selanjutnya disiram dengan kuah kaldu sapi yg di gabung bumbu merica, pala, cengkeh, dll. Meskipun berkesan didominasi tulang, ekor sapi ini masih tersaji empuk serta lembut. Awalnya, ekor sapi di rebus sampai cukup empuk. Nah, air rebusan ini tidak dibuang, namun jadikan kuah kaldu sapi yg super gurih.

8. Sop Iga

Tidak cuman sop buntut, sop iga termasuk juga model sup ciri khas Nusantara yg banyak pemujanya. Terbagi dalam potongan iga dengan daging yg lembut serta fall-off-the bone, potongan kentang, wortel, serta siraman kaldu daging yg gurih serta hangat, hmm pastilah nikmat disantap waktu hari hujan ya?

Saat ini, sop iga pun punyai vs bakarnya, lho. Iga sapi kedepannya dimarinasi lebih dahulu, lalu dibakar sampai masak. Buat sopnya berisi potongan wortel, kentang, taburan bawang goreng, seledri, serta kuah kaldu sapi bakal disediakan terpisah dengan suatu mangkok. Rasa-rasanya semestinya masih gurih plus struktur karamel proses dari bakar yg membuat kian mantap. Slurp!

9. Sop Saudara

Wah, sop satu ini punyai nama yg unik, ya? Konon, sop saudara datang dari wilayah Pangkep di Sulawesi Selatan. Pelopornya, H. Dollahi, yaitu satu orang yg sudah pernah kerja di warung sop daging, lalu coba peruntungannya sendiri. Nama “saudara” sendiri mendapat inspirasi dari nama warung “coto paraikatte” dimana paraikatte sendiri bermakna saudara atau sama-sama.

Nah, kekhasan lain dari sajian ini dapat diketemukan pada bahan isiannya, yaitu daging sapi, dalaman sapi (paru goreng), perkedel kentang, telur rebus, serta bihun. Kuahnya yg kaya bumbu dibikin dengan ketumbar, pala, cengkeh, kayu manis, serai, bawang putih, bawang merah, lengkuas, serta jahe. Pastilah gurih serta fresh sekali, nih.

Sop saudara ini juga seperti dengan coto makassar, tetapi sop berkuah bening ini biasa disediakan dengan nasi putih, ikan bolu (bandeng) bakar, serta cobe-cobe (sambel ikan bakar).

10. Sop Konro

Satu menu ciri khas Sulawesi Selatan yg disukai banyak orang di Indonesia: sop konro. Sesuai sama sop iga, sop konro pun bahannya basic iga sapi yg disiram kuah berwarna kecoklatan. Kenapa kecoklatan? Lantaran kuah itu terbuat dari kluwek serta bermacam bumbu lain seperti ketumbar, cengkeh, lengkuas, daun salam, bawang merah, serta bawang putih.

Sop yg telah ada mulai sejak tahun 1962 ini kebanyakan tidak disediakan gunakan nasi tetapi dengan buras, adalah lontong ciri khas Makassar. Oh iya tidak cuman dikasih kuah, sop konro bisa juga dibakar atau diolah rica-rica. Siap coba?

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *