Review Makanan Enak Di Indonesia

12 Aneka Menu Nasi Nikmat Khas Indonesia

admin
admin
August 19, 2019

Nasi udah jadi makanan inti sesehari untuk semua susunan warga Indonesia. Gak bertanya-tanya, banyak orang-orang yang mengungkapkan semboyan “makan gak komplet bila belum gunakan nasi”. Bicara masalah nasi, nyatanya terdapat banyak sajian nasi ciri khas wilayah yang menyebar di seluruhnya seluruh nusantara. Saya sangat percaya, di antara dari sajian nasi ini tentu sudah anda coba, tetapi mungkin juga ada yang belum lantaran harus pergi ke wilayah aslinya untuk mencicip langsung. Ingin tahu apakah saja ragamnya? Baca yang satu ini, yuk!

1. Nasi Padang

Wah, siapa yang gak mengenal sajian nasi ini? Nasi padang menyebar luas di seluruh Indonesia serta jadi sajian nasi yang benar-benar popular. Sajian nasi ini berwujud nasi putih hangat dengan beragam tipe lauk yang normalnya didominasi santan. Katakan saja rendang, gulai kepala kakap, gulai tunjang, gulai daun singkong, serta sayur nangka. Tidak hanya itu, juga ada menu-menu gak bersantan lain yang ikonik seperti ayam pop, telur dadar padang, ikan bakar, serta paru goreng. Tidak cuman nasi padang, ada lagi satu sajian nasi ciri khas Minang yang dikatakan nasi kapau. Sepintas kedua-duanya memang susah dibedakan tetapi bila anda bertandang ke rumah makannya, ada ketaksamaan urutan penyusunan piring lauk di etalase dimana tumpukan piring lauk di RM Padang menjulang atau tambah tinggi dari penjajanya, dan di RM Kapau lebih rendah. Tidak hanya itu, RM Kapau punyai menu otentik ialah gulai kapau. Gulai ini berisi kol, nangka, serta kacang panjang yang di masak kuah kuning.

2. Nasi Minyak

Yup, sajian satu ini memang di masak dengan minyak, ialah minyak samin. Konon, nasi minyak ini terhitung makanan elegan serta cuma disantap Sultan Palembang serta tamu agungnya saja. Tapi saat ini, nasi minyak banyak ditawarkan di Sumatera Selatan terpenting wilayah Jambi serta Palembang. Di Jambi, nasi minyak kudu disuguhkan dengan kuah kari, dan di Palembang langsung bisa disantap dengan lauk seperti malbi, kari ayam, serta sambal nanas. Nasi minyak memang masih berkerabat dengan nasi briyani serta nasi kebuli. Ini diperlihatkan dengan pemanfaatan beragam bumbu ciri khas Timur Tengah seperti jintan, adas, kapulaga, ketumbar, daun kari, cengkeh, pekak, serta daun salam.

3. Nasi Uduk

Buat penduduk Jakarta, nasi uduk udah jadi sisi dari sajian sesehari. Entahlah pagi atau malam, nasi uduk tetap jadi sajian nasi idola. Nasi uduk adalah nasi yang ditanak dengan santan, lengkuas, serai, serta daun salam sampai miliki aroma wangi serta rasa gurih. Ada bermacam versus sajian nasi ciri khas Betawi ini seperti nasi uduk pagi (di jual saat pagi hari) yang menggunakan lauk orek tempe atau kentang, bihun atau mie goreng, tahu semur, semur jengkol, telur balado, serta kerupuk bawang. Tidak hanya itu, juga ada nasi uduk malam (di jual saat malam hari) yang gunakan lauk pecel ayam atau pecel lele.

4. Nasi Ulam

Siapa kira sajian nasi yang satu ini terhitung langka? Pada intinya, nasi ulam adalah makanan ciri khas Melayu yang ditebar ke bermacam wilayah, antara lainnya yakni Jakarta. Nasi ulam Jakarta memang gak setenar nasi uduk, tetapi rasa-rasanya gak kalah untuk diadu. Bagai nasi campur, nasi ulam ala Betawi terbagi dalam nasi putih hangat yang diberi kacang tanah yang udah dicacah, serundeng, bihun goreng, kuah semur, serta gak lupa daun kemangi atau daun pegagan yang beraroma ciri khas. Sajian nasi ini pula kudu ditemani oleh lauk pauk seperti dendeng, telur dadar, perkedel, tahu-tempe goreng, emping, serta kerupuk bawang.

5. Nasi Liwet

Nasi liwet satu diantara sajian nasi yang popular di Indonesia. Ada dua versus sajian nasi ini, ialah nasi liwet Solo serta nasi liwet Sunda. Nasi liwet Solo menggunakan santan sesaat nasi liwet Sunda tak menggunakan. Nasi liwet Sunda menggunakan bahan seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, serta lengkuas yang di masak dengan beras. Bahkan juga, juga ada yang memberikan tambahan petai, jambal roti, atau ikan asin waktu menanak nasi. Nasi liwet Sunda biasa disuguhkan dengan ikan goreng, sambal, serta lalapan dan nasi liwet Solo disediakan dengan sayur pepaya muda, suwiran ayam kuning, telur kuning, serta areh-kumut.

6. Nasi Tutug Oncom

Pengagum oncom rasa-rasanya belum resmi bila tak menyicipi sajian nasi satu ini. Nasi tutug oncom yakni makanan ciri khas Tasikmalaya yang dibikin dari kombinasi nasi serta oncom yang ditumbuk (tutug) jadi satu. Lantaran oncom tak dapat bertahan lama, membuat nasi tutug oncom ini harus ‘dadakan’ serta disediakan dalam kondisi hangat, lho. Sajian nasi ini terhitung benar-benar bisa dijangkau serta ringan diketemukan di wilayah Jawa Barat. Kebanyakan, nasi tutug oncom disediakan dengan ayam goreng, telur dadar, ikan asin, tempe-tahu goreng, sambal merah atau sambal goang (dibikin dari cabai rawit hijau serta bumbu penyedap), serta lalapan.

7. Nasi Megono

Pekalongan gak cuma sama dengan batiknya saja, namun juga sajian nasi yang dikatakan nasi megono. Pada intinya, nasi megono yakni nasi yang dituang megono atau urap nangka yang gurih serta wangi. Gak susah cari sajian nasi ini lantaran banyak warung tepi jalan yang memberikan nasi megono untuk makan pagi, siang, serta malam. Nasi megono dapat merasa lebih mantap bila dibarengi lauk koyor atau otot masak santan pedas, sotong masak hitam, telur balado, mangut ikan, serta tempe mendoan. Komplet!

8. Nasi Gegok

Sajian nasi asal Trenggalek ini punyai rasa pedas yang luar biasa. Konon, hidangan nasi yang udah akrab dengan sehari-harinya penduduk Trenggalek ini dapat mengobati sakit kepala serta tanda-tanda flu, lho. Hebat sekali ya? Meskipun sebenarnya, penampilan nasi gegok ini benar-benar simple serta harga benar-benar bisa dijangkau. Nasi gegok yakni nasi putih bungkus daun pisang yang dikasih topping sambal teri super pedas, lalu dikukus sampai masak serta disediakan hangat. Yup, sekitar seperti nasi kucing atau nasi jinggo, akan tetapi jumlah nasi gegok tambah besar. Yang pasti pengagum pedas seperti saya dapat kecanduan, nih!

9. Nasi Gandul

Kalaupun kebanyakan sajian nasi di jual di warung atau restoran, nasi gandul ini di jual dengan bakul pikulan, lho. Menurut narasi, nasi gandul ditawarkan pertama-tama melalui cara dipikul. Bukan hanya 1 wadah saja, tetapi harus 2 bakul tanah liat yang semasing berisi nasi serta semur daging. Lantaran diangkut atau dipikul, dua bakul ini bergoyang-goyang atau menggandul yang akhirnya jadilah julukan hidangan ini. Nasi gandul biasa disediakan dengan alas daun pisang dipincuk. Sajian nasi ini disediakan dengan gulai atau semur daging serta dalaman, lalu ditambahkan dengan keripik tempe, baceman, serta bawang goreng. Hmm, mantap!

10. Nasi Lengko

Bila anda mudik melalui Pantai Utara Jawa (wilayah Brebes, Indramayu, Tegal, serta Cirebon), tidaklah ada kelirunya singgah ke warung nasi lengko, ya. Nasi lengko adalah sajian nasi yang simple serta gak menggunakan bagian hewani sekalipun. Sajian ini terbagi dalam nasi putih hangat yang dikasih tempe-tahu goreng yang dipotong dadu, cacahan mentimun fresh, tauge rebus, cincangan daun kucai, bumbu kacang yang gurih, serta dituang kecap manis yang rada encer. Hmm, yang pasti gak kalah dengan sajian nasi berlauk daging, nih. Tidak cuman elemen bahan itu, nasi lengko disediakan dengan kerupuk aci serta sambal rawit yang membuat tambah enak!

11. Nasi Campur Bali

Pulau Bali populer dengan keindahan alam serta variasi suku budaya, serta ini tercermin dalam sajian nasi khas-nya: nasi campur. Pada intinya, nasi campur yakni sajian nasi putih dengan lauk. Tapi dengan filosofi keragaman itu, lauk pendamping nasinya tidak satu atau dua, tetapi ada bermacam tipe seperti sambal goreng, serundeng, tahu goreng, ikan goreng, abon, sambal matah, serta penambahan lauk-lauk lain seperti oseng telur sayuran, sate lilit, serta ayam bumbu Bali.

12. Nasi Bogana

Konon, nasi bogana ini yakni sajian kesultanan Cirebon yang diwariskan lewat cara turun-temurun. Kesultanan Cirebon ini mencakup wilayah Pantai Utara Jawa, ialah kira-kira Tegal, Indramayu, serta Cirebon. Kata bogana sendiri diambil dari bahasa Sunda “saboga-bogana” atau seada-adanya. Dalam makna lain, hidangan nasi ini disuguhkan seadanya atau sesuai kebutuhan dengan bahan serta bumbu simple. Nah, sajian nasi ini merasa rada gurih tetapi tak membuat eneg sekalipun. Penyajiannya termasuk unik lantaran dibungkus dengan daun pisang dengan lauk-pauknya, seperti opor ayam, telur pindang, ayam bumbu suwir, serundeng sapi, tahu-tempe bacem, sambal goreng, sampai oseng kacang panjang. Komplet tetapi gak membuat anda kenyang terlalu berlebih!

Nah, apa sajian nasi idola anda? Tidak cuman nasi, anda pun butuh mencicip sajian berbahan inti idola yang lain nih, ialah mie. Indonesia nyatanya punyai beragam sajian mie ciri khas wilayah yang dapat dibaca detailnya di sini. Selamat bertamasya kuliner, ya!

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *