Review Makanan Enak Di Indonesia

12 Macam Sajian Mie khas Indonesia

admin
admin
August 23, 2019

Dapat di sebut, mie merupakan type karbohidrat idola warga Indonesia buat gantikan nasi. Teksturnya yang kenyal serta lembut pas digabungkan dengan beragam bahan serta bumbu unik nusantara. Jadi salah satunya pencinta, saya tidak dapat mengalkulasi berapakah kali makan mie dalam 1 minggu. Soalnya, bahan yang terbuat dari terigu ini dapat diproses jadi sajian pokok, makanan ringan, bahkan juga lauk pendamping nasi. Bahkan juga, warung makan atau restoran yang mengunggulkan mie jadi menu pokok mulai menjamur di Indonesia.

Dari segi riwayat, mie memanglah bukan bahan asli Indonesia. Bangsa Tionghoa mengenalkannya pada warga asli Indonesia sejak mulai beberapa puluh tahun kemarin. Sebab keterbukaan warga kita pada beberapa bahan makanan baru, mie itu lantas diproses serta sesuai dengan lidah Indonesia. Khasnya, banyak daerah di nusantara miliki ciri-khas sajian mie yang unik serta tentulah merayu buat dicoba. Ingin tahu apakah saja jenisnya? Baca daftarnya di bawah ini!

1. Mie Aceh

Serambi mekah di ujung pulau Sumatera ini miliki mie yang benar-benar popular. Mie aceh telah banyak ditawarkan di luar provinsinya serta tenar dengan bumbu rempah yang pedas. Mie ini terbuat dari mie kuning yang ditumis dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, adas, jinten, kapulaga, serta cabai. Kecuali bumbu, mie aceh pun dikasih kombinasi udang, cumi, serta sayatan daging sapi, tetapi ada pula yang memanfaatkan daging kepiting, nih. Mantap, kan? Ditambah lagi penyajiannya mendapat dukungan acar serta emping, ditanggung membuat perut terasa kenyang serta suka, deh! Nah kalaupun beli di restoran Aceh, anda dapat request apa mienya ingin digoreng kering, tumis dengan dikit kuah, atau berkuah.

2. Mie Celor

Berubah dikit ke sisi selatan pulau Sumatera, anda dapat mendapatkan mie celor unik Palembang. Selintas saya anggap mie ini didominasi oleh telur (dari kata “celor”), tetapi nyata-nyatanya hidangan mie kuning ini lebih menonjolkan citarasa seafood yang kuat. Maklum, wilayah Sumatera Selatan memang kaya hasil lautnya. Khasnya , mie kuning jadi bahan basic hidangan ini di masak terpisah dengan kuahnya. Kuah mie celor terbagi dalam santan, terigu, kuah kaldu udang, serta bumbu yang lain yang di masak tumis. Saat dapat disediakan, mie kuning barusan baru dituang kuah berwarna putih serta ditambah lagi telur rebus jadi topping-nya.

3. Mie Koba

Hidangan mie kuah dari Pulau Bangka ini pula miliki keunikkan spesifik. Mungkin penampilannya lumayan sederhana, ialah mie kuning yang ditumis dengan kuah kecoklatan. Tetapi, kuah kecoklatan ini nyata-nyatanya dibikin dengan ikan tenggiri serta beragam bumbu yang kaya. Wah, tentunya gurih serta super nikmat ya? Biar kian komplet, mie yang namanya diambil dari salah satunya kabupaten di Bangka Tengah ini disediakan dengan jeruk kunci yang serupa jeruk nipis tetapi miliki rasa lebih unik. Renungkan anda nikmati mie ini waktu udara tengah dingin-dinginnya, hmm tentunya wisata di Pulau Bangka dapat kian terkesan!

4. Mie Koclok

Di kota Cirebon, ada satu hidangan mie yang kuahnya serupa bubur. Tetapi nyata-nyatanya, kuah yang serupa bubur ini bukanlah bubur asli lho, tetapi sebab dibikin dari santan, tepung beras, serta tepung maizena sampai-sampai berwarna putih serta teksturnya kental. Mie koclok merupakan mie kuning yang ditumis dengan kuah kental itu plus penambahan kol, tauge, sayatan daging ayam, serta sayatan telur rebus. Rasa-rasanya gurih serta aromanya wangi sekali, intinya cocok sekali dikonsumsi saat waktu hangat. Oh iya, koclok ini bukan arti dari bahasa Cirebon lho, tetapi adalah singkatan dari “Khasnya Orang Cirebon yang Lebih OK”. Ada saja, ya.

5. Mie Kocok

Eits, hidangan mie satu ini tidak sama juga dengan mie koclok ya. Mie kocok datang dari Bandung serta memanfaatkan kuah yang bening serta gurih. Kenapa disebutkan mie kocok? Sebab sesudah di letakkan dalam mangkok, mie kuning bersifat pipih ini butuh dikocok atau diaduk beberapa kali biar masak prima. Nah, mie kocok ini disediakan dengan sayatan kaki sapi, tauge, seledri, serta bawang goreng biar kian mantap. Sayatan kaki sapi ini merasa empuk lho, rata-rata yang diberi merupakan sisi kikil.

6. Mie Godog

Berjalan-jalan ke Jogjakarta serta seputarnya tidak komplet tiada merasakan hidangan mie satu ini. Mie godog adalah mie kuning yang digodog dengan kuah kaldu bercitarasa. Dalam kata lain, ada rasa kemiri serta merica yang cukup mencolok pada sajian ini. Nah, mie godog ini di masak di wajan besi yang gunakan tungku arang. Wah, ketinggalan jaman sekali ya? Tetapi melalui cara demikian, mie godog memang merasa lebih nikmat serta unik. Hidangan mie ini biasa dicampurkan dengan potongan daging ayam, telur orak-arik yang di masak bersama dengan tumisan kuahny

Berjalan-jalan ke Jogjakarta serta seputarnya tidak komplet tiada merasakan hidangan mie satu ini. Mie godog adalah mie kuning yang digodog dengan kuah kaldu bercitarasa. Dalam kata lain, ada rasa kemiri serta merica yang cukup mencolok pada sajian ini. Nah, mie godog ini di masak di wajan besi yang gunakan tungku arang. Wah, ketinggalan jaman sekali ya? Tetapi melalui cara demikian, mie godog memang merasa lebih nikmat serta unik. Hidangan mie ini biasa dicampurkan dengan potongan daging ayam, telur orak-arik yang di masak bersama dengan tumisan kuahnya, kol, tomat, seledri, serta diberi dengan bawang goreng. Hmm, mantap!

7. Mie Toprak

Ketoprak persis dengan makanan unik Jakarta yang terbagi dalam lontong, tahu putih goreng, tauge, bihun, serta siraman kuah kacang yang gurih. Nyata-nyatanya di Solo ada pula hidangan ketoprak, tetapi gunakan mie serta berkuah kaldu gurih-bening. Yup, mie toprak satu diantara hidangan mie unik Solo yang disiram kuah kaldu sapi yang hangat serta gurih. Bahan isiannya salah satunya daging tetelan, cakwe, sosis solo, tahu, tempe, kol, tauge, kacang tanah, kerupuk kanji, bihun, serta mie kuning. Wah, begitu ramai ya? Tetapi ditanggung, mie toprak ini tentunya memberikan hati perut anda, deh. Perlu diingat taburkan sayatan cabe serta perasan jeruk nipis, ya!

8. Mie Ongklok

Wilayah Wonosobo tidak cuma tenar dengan dataran tinggi Dieng, tetapi juga kuliner mienya yang disebutkan mie ongklok. Konon, nama “ongklok” ini bermakna keranjang anyaman bambu yang diperlukan buat menyaring mie dari air rebusan. Nah, mie ongklok ini terbuat dari mie kuning yang digodog dengan bumbu serta kuah kaldu berwarna bening serta kental, lalu kedepannya disediakan dengan siraman kuah kaldu bercitarasa itu, cacahan kol, daun bawang atau kucai, serta bawang goreng. Rata-rata, mie ongklok ini di nikmati dengan sate sapi bumbu kacang, tempe kemul, serta keripik tahu. Yummy!

9. Mie Lethek

Tahukah anda kalaupun “lethek” dalam bahasa Jawa bermakna kusam atau kotor? Tetapi, bukan bermakna mie lethek ini disediakan dengan kurang higenis ya. Mie lethek merupakan mie yang terbuat dari kombinasi tapioka serta gaplek (tepung singkong), tiada memanfaatkan pewarna hasil betul-betul. Selintas, mie ini memang nampak berwarna keabuan atau kecoklatan, tetapi rasa-rasanya tidak kalah dengan mie kuning, lho. Hidangan mie ini rata-rata digoreng, digodog, atau dicampurkan dengan nasi goreng magelangan. Buat campurannya biasa memanfaatkan telur orak-arik, potongan ayam, dan seterusnya seperti mie godog. Psst sebab terbuat dari 100% bahan alami, mie lethek ini ditanggung bebas bahan kimia atau pabrik, nih. Wih, bermakna super sehat ya!

10. Mie Kopyok

Sempat dengar arti “mie kere”? Nah, itu nama lain dari mie kopyok. Nama kopyok sendiri diambil proses dari pemasakkan mie-nya yang butuh di rendam ke air rebusan beberapa kali (dikopyok-kopyok) biar cepat masak. Hidangan mie unik Semarang ini memang lumayan sederhana sebab bumbunya minimalis serta tidak memanfaatkan faktor daging betul-betul. Tetapi masalah rasa, mie kopyok ini masih nikmat, gurih, serta berikan kesegaran. Mie kopyok terbagi dalam mie kuning, potongan lontong, tahu pong, serta tauge. Kedepannya, beberapa bahan ini dapat disiram kuah berempah serta dikasih topping seledri, bawang goreng, serta kerupuk gendar atau karak yang telah diremukkan.

11. Mie Titi (Mie Kering)

Nyata-nyatanya, hidangan mie unik wilayah itu dapat miliki merek sendiri, lho. Satu diantaranya merupakan mie titi yang memang diambil dari nama pembuatnya, Titi. Mie titi ini awalannya merupakan resep turun-temurun dari satu orang penjual mie di Makassar bernama Ang Kho Tjao. Nah, beliau mewariskan resep pada tiga anaknya, dimana si bungsu Titi sukses merajai penjualan mie kering se-Makassar. Mie titi sendiri merupakan mie kuning yang digoreng kering, lalu ditambah lagi sayuran hijau, potongan ayam, serta bakso goreng. Paling akhir, hidangan mie ini disiram kuah kaldu kental yang super gurih. Biar makin komplet, orang Makassar senang memberi tambahan jeruk nipis serta acar cabai dalam mie titi. Hmm, tertarik coba?

12. Mie Cakalang

Last but not least, mie cakalang! Mie kuah asal Manado ini memang salah satunya hidangan mie yang kerap dicari orang. Seperti namanya, mie cakalang mempunyai aroma ikan yang kuat. Hidangan mie ini memang dikasih topping ikan cakalang fufu atau cakalang asap yang lantas dikasih seledri serta bawang goreng jadi pemanis. Kuahnya sendiri memang tidak ada faktor ikan, tetapi dibikin dengan rasa unik merica serta bawang putih, sampai-sampai merasa pas dengan mie kuning serta ikan cakalang tersebut. Orang Manado dapat memberi tambahan sambal roa, sambal merah, sambal ijo, atau sambal bakasang biar bercitarasa pedas. Tetapi apabila tidak senang pedas, anda dapat ubah sambal-sambalan itu dengan acar timun yang fresh.

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *