Review Makanan Enak Di Indonesia

14 Cemilan Renyah Hari Lebaran

admin
admin
August 30, 2019

Nah kala kumpul bersama-sama pada hari raya Lebaran, tentu camilan manis serta gurih gak sudah pernah tidak ada, dong. Kecuali buat bercakap makin asik, camilan pula jadi pembuka sebelum masuk ke menu khusus. Dibawah ini 14 camilan renyah untuk Lebaran. Apa sajakah? Langsung scroll ke bawah, ya!

1. Kacang Bawang

Marilah ngaku, siapa yang menyukai mengambil bawang putih gorengnya saja? Kacang bawang memang camilan simpel, ialah kacang tanah kupas yg di rendam santan sampai resap lalu digoreng dengan sejumlah minyak.

Nah, bawang putih yg sekian lama ini saya duga disangrai langsung dengan kacang, nyatanya digoreng terpisah, lho. Rasa-rasanya gurih, asin, serta yang pasti buat mulut gak berhenti ngunyah.

2. Kacang Telur

Satu type camilan kacang gak cukup untuk moment Lebaran. Sehabis kacang bawang habis, bersambutlah kacang telur. Perbedaannya, kacang tanah kupas ini dibalut adonan telur berbumbu. Rasa-rasanya semestinya gurih, manis, serta ada sensasi telurnya, ya.

3. Lanting

Nah, camilan dari singkong ini gak cuma ada kala kumpul-kumpul, tetapi rata-rata jadi camilan kala mudik. Punyai bentuk seperti cincin berwarna merah muda serta putih. Rasa camilan ciri khas Kebumen ini asin serta gurih, tetapi sekarang ada juga versus pedasnya, lho.

4. Rengginang

Inilah yg seringkali mengambil alih kue dalam kaleng biskuit! Saya salah satunya korban, nih. Tapi gak bingung sich, camilan satu ini memang gurih. Jika mudik ke wilayah Jawa Tengah, rengginang kerapkali di jual manis (di lapis gula jawa) atau asin. Camilan ini terbuat dari nasi atau ketan putih yg dijemur dibawah matahari lalu digoreng.

5. Emping

‘Jebakan kaleng biskuit’ yang lain yakni emping. Camilan ini memang seringkali jadi pelengkap menu keseharian seperti bubur ayam, mie Aceh, dan lain-lain. Camilan semacam kerupuk ini terbuat dari melinjo yg disangrai lalu iris tipis (dihancurkan, yang pasti) dengan alat pribadi. Itu pemicu permukaan emping tampil kasar serta gak rata. Nah, emping sendiri miliki dua rasa, ialah pahit-gurih serta manis. Emping versus manis rata-rata dicampurkan dengan gula merah serta teksturnya rada lengket.

6. Keripik Bawang

Sepintas camilan ini tampil seperti pangsit, tetapi nyatanya beda, ya. Keripik bawang memang terbuat dari terigu, tepung sagu, telur, serta mentega/margarin, tetapi ada pembedanya dengan pangsit biasa: santan. Itu pemicu kue bawang sangat terasa gurih. Belum pula sensasi serta aroma bawangnya yg membujuk. Pengen gunakan daun bawang atau bawang putih, dua-duanya sukses buat kue bawang laris keras!

7. Sus Kering

Sus yg satu ini imut serta kopong (tidak ada isi), ya. Sus kering punyai bahan basic yg sama seperti sus basah minus susu cair serta gula. Nah, camilan ini pula ada yg rasa keju, lho. Kejunya diparut, dicampurkan dalam adonan sus, serta dipanggang sampai masak keemasan.

8. Cheese Stick

Stik keju cukup banyak variasi punyai bentuk. Pribadi Lebaran, stik keju biasanya dibikin kecil serta tipis seperti ranting. Tapi tidak ada kelirunya bikin yg versus semakin besar, lho. Camilan ini terbuat dari terigu, tepung tapioka, telur, margarin, serta tentu keju parut.

9. Keciput

Punyai bentuk seperti onde-onde, ya, tetapi sayangnya ini bukanlah onde-onde versus mini. Camilan asal Kudus ini berupa bundar atau lonjong. Rasa-rasanya manis serta gurih. Keciput terbuat dari tepung ketan, gula pasir, serta telur. Tapi yg paling ikonik dari camilan ini yakni taburan biji wijennya!

10. Kue Gabus

Eits, camilan ini tak terbuat dari gabus, lho. Nama gabus sebenarnya diambil dari “ikan gabus”, sebab bentuk kue ini sama seperti telur ikan gabus. Kue gabus secara prinsip berwarna putih serta gurih. Bahan-bahannya yakni tepung kanji, air, telur, serta gula. Nah kecuali gurih, ada pula versus manisnya, nih. Kue gabus manis di lapis oleh gula merah atau gula pasir yg terkaramelisasi serta warnanya condong coklat.

11. Kembang Goyang

Camilan ini memang punyai bentuk cantik seperti kembang. Rata-rata, kembang goyang disajikan bersama-sama rengginang, emping, serta camilan ciri khas Betawi yang lain. Camilan manis-gurih ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, telur, serta santan. Adonan itu selanjutnya digoreng dengan cetakan bunga pribadi dari alumunium. Nah, si cetakan bunga ini selanjutnya harus digoyang biar adonan dapat terlepas serta masuk ke minyak panas. Unik sekali, ya?

12. Biji Ketapang

Satu camilan ciri khas Betawi, ialah biji ketapang. Punyai bentuk memang serupa biji ketapang yg asli, lho. Tapi biji ketapang satu ini merasa gurih, manis, serta renyah. Bahan membuatnya yakni terigu, telur, gula, serta mentega. Selanjutnya adonan kue dibuat silinder serta pipih dengan ujung yg runcing.

13. Akar Kelapa

Ini bukanlah akar kelapa jadikan camilan, ya. Camilan ini memang punyai bentuk seperti akar kelapa dengan struktur bergerigi serta memiliki ukuran panjang. Rasa yg gurih serta manis ini didapatkan dari kombinasi tepung ketan, gula pasir, margarin, telur, serta air. Adonan akar kelapa selanjutnya bakal diciptakan bergerigi serta digoreng di atas minyak panas.

14. Sumpia Ebi

Nama serta bentuk bisa serupa lumpia, tetapi ini bukanlah versus mininya, ya. Sumpia ebi dibikin dari kulit lumpia yg dipotong kecil dengan isi ebi atau abon. Rasa-rasanya gurih dengan kulitnya yang dirasa garing. Camilan ini terhitung kudu di keluarga saya, nih, jika anda?

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *