Review Makanan Enak Di Indonesia

7 Hidangan Bebek Khas Indonesia yang Menggugah Selera

admin
admin
August 18, 2019

Fans olahan ayam di Indonesia pasti telah gak terhitung banyak, namun bagaimana dengan bebek? Daging bebek memang tipis serta banyak seperti ayam, namun rasa-rasanya yg unik senantiasa bikin kita ingin lebih serta . Ditambah lagi kalau sukses hilangkan berbau amisnya, wah ditanggung rasa enaknya berkali lipat.

Nah bicara masalah olahan bebek, mungkin kita cuma kenal satu atau dua model masakan, ya. Meskipun sebenarnya, ada banyak model olahan bebek yg menggugah hasrat serta tentulah harus dicoba buat anda fans bebek. Ingin tahu? Scroll ke bawah, yuk!

1. Bebek Goreng

Wah, siapa yg gak mengenal sajian satu ini? Bebek goreng yaitu santapan bebek yg paling disukai banyak orang lantaran proses membuatnya simpel serta rasa-rasanya fantastis. Bebek goreng biasa diungkep dengan bumbu lebih dahulu supaya berbau amisnya hilang, lalu setelah itu digoreng dengan minyak panas. Nah, setiap wilayah nyata-nyatanya miliki ke-khas-an semasing dalam menyediakan bebek goreng, terlebih sambal pendampingnya. Di Jawa Tengah, bebek goreng biasa diberikan dengan sambal bawang atau sambal korek, di Lamongan memanfaatkan sambal penyetan, di Surabaya serta seputarnya dengan sambal terasi, sambal ijo, atau sambal bawang, serta di Bali memanfaatkan sambal matah. Tetapi apa pun model sambalnya, senantiasa sediakan bebek goreng dengan sepiring nasi hangat!

2. Bebek Ireng

Sama dengan namanya, santapan bebek yg satu ini miliki kenampakan gelap serta hitam. Namun, bukan bermakna bebek ini gosong, lho. Bebek ireng yaitu sajian bebek unik Madura yg di masak sampai warnanya menghitam. Disaat diberikan, daging bebek ireng ini simpel lepas dari tulangnya plus merasa lembut serta gurih! Rahasia kelembutan dagingnya yaitu bebek goreng yg di masak dalam tumisan bumbu serta banyak minyak. Kurang lebih seperti tehnik ungkep, namun anda butuh menumis dahulu bumbunya serta masukkan banyak minyak setelah itu sampai bebek terbenang prima. Supaya rasa-rasanya semakin mantap, bebek ireng ini seringkali diberikan dengan nasi hangat serta sambal dadak yg pedas-segar. Slurp!

3. Bebek Songkem

Buat yg sedang pantang makan bebek untuk kesehatan, saat ini gak butuh pusing lantaran anda dapat coba bebek songkem. Sajian bebek yg satu ini terhitung lebih sehat, lantaran di masak tidak dengan minyak alias cuma dikukus dengan daun pisang. Rasa-rasanya? Dagingnya super empuk serta bumbu pedasnya demikian meresap sampai ke tulang. Mantap, kan? Kata songkem sendiri datang dari bahasa Madura yg bermakna “bersujud”. Maka seandainya jadi perhatian, bebek songkem yg memanfaatkan bebek utuh ini butuh dilipat demikian rupa sampai kepala bebeknya menunduk seolah sedang bersujud. Buat bumbunya sendiri cukuplah sederhana, ialah cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, serta garam seperlunya. Bumbu ini dihaluskan serta diusapkan ke seluruhnya sisi bebek, lalu dibungkus daun pisang serta dikukus.

4. Bebek Betutu

Salah satunya sajian yg populer di Bali yaitu ayam betutu. Bagaimana dengan bebek betutu, anda sudah coba? Bebek betutu tentulah gak tidak serupa jauh dengan ayam betutu ya, dimana bebek ini akan diusapkan dengan bumbu halus, dibungkus dengan daun pisang yg berlapis-lapis, lalu dikukus sampai masak. Bumbunya juga benar-benar bermacam serta condong pedas ialah bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, ketumbar, lada putih-hitam, lengkuas, kunyit, kencur, jahe, serta daun singkong. Nah, bebek betutu yg telah masak nikmat diberikan dengan nasi hangat serta sambal matah yg membuat makin luar biasa!

5. Itiak Lado Mudo

Kota Padang memang populer dengan sajian nasinya yg super nikmat. Tetapi, ada satu santapan yg gak bisa ditinggalkan oleh fans masakan pedas: itiak lado mudo. Itiak lado mudo datang dari bahasa Minang yg bermakna “bebek cabai hijau”, serta sama dengan namanya si bebek ini memang di masak dengan cabai hijau yg berlebihan pedasnya. Santapan ini memanfaatkan bebek muda yg empuk dagingnya serta bumbu cabai hijau yg dibikin dari bawang putih, bawang merah, cabai hijau, kemiri, ketumbar, merica, jahe, serta garam seperlunya. Sediakan bersama dengan cacahan mentimun fresh serta bawang merah buat dikit menghilangkan panasnya tenggorokan, ya.

6. Sie Itek atau Gulee Itek

Jika disaksikan dari namanya, sajian bebek yg satu ini tentu di masak berkuah atau digulai. Serta nyata-nyatanya benar! Sie itek yaitu santapan bebek dengan kuah bersantan kental seperti kari atau gulai serta beraroma rempah wangi yg benar-benar unik. Ada dua penampakan sajian unik Aceh ini, ialah yg berkuah putih serta yg berkuah merah kecoklatan. Sie itek putih tak pedas serta condong menonjolkan rasa kemiri, sedang sie itek merah memanfaatkan cabai serta merica.

7. Bebek Garo Rica

Last but not least, ada bebek garo rica! Sama dengan namanya, sajian bebek asal Manado ini memanfaatkan bumbu rica yg pedas. Pada intinya, bebek garo rica yaitu bebek masak bumbu rica yg terbagi dalam cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih, tomat, serai, jahe, serta kemangi. Walau tampak simpel, bebek garo rica merasa garing di luar namun lembut dalam. Penggunaan bebek kampung muda salah satu kunci kelembutan serta rasa unik dalam masakan ini. Namun berhati-hati, bebek garo rica ini kebanyakan ‘meledak’ di mulut karena amat pedasnya. Berani coba?

Hayo ngaku, siapa yg berupaya membendung lapar waktu lihat daftar di atas? Tentunya 7 sajian ini siap menggetarkan lidah beberapa penggemar masakan bebek.

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *