Review Makanan Enak Di Indonesia

7 Jenis Semur Khas Indonesia yang Gurih & Nikmat

admin
admin
August 6, 2019

Semur yaitu masakan ciri khas Indonesia yg gampang diketemukan di banyak wilayah. Meskipun kerap dikatakan sebagai santapan, semur sendiri sebagai tehnik memasak satu bahan dengan cairan sampai teksturnya mengental serta asat (berkurang). Di luar negeri, tehnik memasak ini pula dikatakan stewing atau menyetup. Nah, cairan yg diperlukan juga gak cuma air, tetapi dapat gunakan santan, kaldu, serta susu.

Tehnik memasak ini dibawa oleh bangsa Belanda sewaktu berkunjung ke tanah air. Dahulu, orang Belanda meminta dibuatkan masakan ala negera mereka, yaitu smoor. Santapan ini, menurut mereka, yaitu santapan yg di masak dengan potongan bawang serta tomat dalam saat lama (slow-cooking). Akan tetapi, orang Indonesia malahan membuat racikan baru dengan kecap manis yg selanjutnya merubah arti smoor berubah menjadi “hidangan daging yg di masak manis serta berkuah kental”.

Meskipun berkesan manis serta gurih, semur pula diadaptasi beberapa wilayah di Indonesia dengan bahan serta bumbu ciri khas semasing. Beragam citarasa membuat kreasi baru pada semur, seperti bermacam santapan unik serta nikmat yg tercatat dibawah berikut ini.

1. Semur

Membicarakan semur rasa-rasanya gak komplet bila gak tuliskan santapan aslinya dalam daftar ini. Semur, terpenting di Jawa, sama juga dengan kuah gelap yang dirasa gurih-manis. Rasa manis ini hadir dari pemanfaatan kecap manis atau gula jawa, yg lalu dicampurkan dengan bermacam rempah hingga rasa kuahnya sungguh-sungguh kaya. Semur pula biasa dibikin dengan potongan daging sapi, tetapi bisa pula dengan tipe protein lain seperti ayam, telur rebus, tempe, tahu, bahkan juga jengkol. Gak cuma dalam acara pribadi, semur udah berubah menjadi sisi dari santapan keseharian masyaraat Indonesia yg praktis serta bisa dijangkau.

2. Rendang

Yup, walau jauh dari kesan-kesan “hidangan gurih serta berkuah kental”, rendang termasuk juga dalam pengembangan semur, lho. Rendang yaitu santapan ciri khas Minang yg di masak dengan santan serta bermacam rempah dalam tehnik slow-cooking. Prinsip rendang yaitu bertambah lama di masak, warnanya akan bertambah gelap serta bertambah nikmat. Itu penyebab, rendang seringkali gunakan daging sapi atau kerbau sisi sandung lamur. Akan tetapi seiring berjalan waktu, ada beberapa pengembangan rendang dengan bahan lain seperti ayam, telur rebus, jengkol, serta jamur.

3. Kalio

Santapan ciri khas Minang yg satu ini dikatakan sebagai rendang 1/2 jadi. Dikarenakan, pengerjaan kalio memang sama seperti rendang, akan tetapi gak hingga beralih hitam serta makan waktu lama. Warna kalio condong coklat serta masih ada struktur bumbu basah yg menyelimutinya daging. Aroma bumbunya memang gak sekuat rendang, tetapi rasa terkaramelisasinya cukup kuat serta mengguga hasrat. Gak bingung, kalio lebih gampang didapati di RM Padang di luar Sumatera Barat ketimbang rendang. Awas ketipu, ya!

4. Malbi

Malbi yaitu santapan ciri khas Palembang yg kenampakkannya menyerupai semur umumnya. Akan tetapi, rasa santapan ini gak cuma gurih, dan juga dikit pedas serta asam. Malbi memang memanfaatkan air asam jawa serta bermacam rempah ciri khas Sumatera. Metode baginya juga sama dengan semur, yaitu tumis bumbu halus, lalu masukan daging serta cairan. Nah, cairannya ini dapat gunakan santan atau air kaldu biar rasa-rasanya bertambah mantap. Hidangkan malbi dengan nasi minyak (nasi samin) saat hangat!

5. Krengsengan

Ganti ke Jawa, ada santapan semur yg ciri khas dengan bumbu petis udangnya nih, adalah krengsengan. Rasa-rasanya yg gurih, manis, serta pedas ini lebih serasi sewaktu langsung disiramkan ke atas nasi hangat. Jadi, fans pedas harusnya gak melupakan santapan ini. Khasnya , krengsengan gak cuma sama juga dengan daging sapi, dan juga kambing. Bahkan juga gak cuma dagingnya, dalaman kambing juga turut di masak dalam kuah coklat tua yg kaya bumbu. Kasih taburan bawang goreng sebelum menyantapnya, ditanggung buat anda suka!

7. Opor

Gak selama-lamanya semur punyai warna kuah yg gelap. Opor yaitu tipe santapan yg di masak semur serta gak memanfaatkan kecap manis atau pewarna gelap yang lain. Meskipun demikian, opor masih jadi impian lantaran rasa kuah santannya yg gurih serta kaya bumbu. Anda dapat pilih ingin gunakan bumbu kuning atau putih jadi bumbu basic opor. Warna bumbu ini pula yg akan memperbedakan warna kuah opor. Akan tetapi, apa pun tipe bumbunya, opor dapat dibikin dengan bermacam bahan protein seperti ayam, telur rebus, tempe, serta tahu.

7. Terik

Dapat di katakan, santapan ciri khas Jawa Tengah ini menyerupai dengan opor. Akan tetapi, struktur terik memang lebih pekat dari opor. Santapan ini pula memanfaatkan santan serta gak memanfaatkan kecap manis serta gula jawa. Hingga kita dapat rasakan gurihnya kuah yg di masak dengan bumbu kuning atau putih. Terik pula memanfaatkan beberapa bahan simple seperti telur rebus, tempe, serta tahu.

Wah, banyak ragamnya ya? Tetapi sebelum mulai menyemur, baca dahulu tehnik menyemur yg satu ini biar lebih nikmat serta bumbunya menyerap prima pada daging serta bahan semur yang lain.

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *