Review Makanan Enak Di Indonesia

7 Jenis Serabi khas Nusantara yang Legit & Unik

admin
admin
July 22, 2019

Pancake satu diantara pilihan sarapan unik barat di Indonesia. Namun jauh dari popularitasnya saat ini, negeri kita udah terlebih dulu punyai pancake dari tepung beras, yaitu serabi. Kudapan bundar serta empuk ini disebut pancake unik Indonesia. Anda dapat menikmatinya kapan saja, baik untuk sarapan atau kawan minum teh di sore hari.

Dengan cara tradisionil, serabi dibikin dengan belanga kecil di atas tungku api. Bahkan juga untuk menjaga rutinitas, trik masak serabi sesuai ini masih dijalankan sampai saat ini.

Mulainya, serabi dibikin dengan tiga bahan yaitu tepung beras, santan, serta gula. Seiring berjalan waktu, ada bahan penambahan untuk memperkaya rasa serabi. Gak cuma itu, serabi lantas kian menggugah hasrat dengan beragam topping seperti saus kinca, saus gula merah, keju, suwiran ayam, oncom, meises, sampai potongan buah.

Nah, daerah-daerah di Indonesia pun memproses serabi dengan ciri-khas semasing. Jika cuma anda kenal serabi dari dua atau tiga kota saja, yuk baca daftarnya dibawah ini!

1. Serabi Bandung

Dapat disebut, kudapan asal Bandung ini yg paling populer jadi “serabi” di Indonesia. Kata serabi atau surabi sendiri datang dari bahasa Sunda yg bermakna “besar”. Punyai bentuk bundar pipih serta berpori. Teksturnya lantas empuk serta padat di semua sisi, akhirnya kerap tertukar dengan kue apem. Serabi bandung biasa disuguhi dalam dua warna, yaitu hijau serta putih. Warna hijau diterima dari air daun suji yg digabung dalam adonan serabi. Bahan adonannya sendiri ialah terigu, telur, serta air kelapa. Walau simpel, serabi Bandung disediakan dengan dua style taburan: gurih-pedas dengan oncom atau manis-legit dengan kuah kinca.

2. Serabi Solo

Jika menengok riwayat serabi, kue unik Solo ini yg paling dekati bentuk klasiknya. Serabi Solo dibikin dengan tepung beras, gula, garam, serta santan. Gabungan rasa-rasanya lebih legit dari serabi Bandung, sampai-sampai disantap demikian saja lantas udah nikmat. Tapi, sebagian orang memberikan tambahan taburan meises, parutan keju, atau kacang agar kian bercitarasa. Serabi Solo pun punyai bentuk unik. Sisi pinggirnya mempunyai tekstur garing dengan warna kecoklatan, dan tengahnya condong basah serta lembut dengan warna putih. Waktu disediakan, kue serabi digulung dalam daun pisang sampai-sampai aromanya kian kuat.

3. Serabi Jakarta

Jakarta pun punyai serabi, lho. Banyak orang-orang lebih mengenalnya jadi kue ape dibanding serabi. Kenampakannya memang menyerupai serabi Solo, namun sisi tengah serabi ini lebih kecil, menggembung, serta padat. Jika serabi Solo sama dengan adonan putih, serabi Jakarta dapat dibikin dengan dua warna yakni hijau serta putih. Bahan-bahannya terdiri dalam terigu, telur, santan, bahan pengembang, serta vanili. Rasa-rasanya yg gurih dengan struktur tepian renyah udah merasa nikmat tidak dengan taburan. Gak sukar cari kudapan ini lantaran penjual kaki lima banyak menjualnya di sudut-sudut jalan kota.

4. Serabi Cirebon

Anda fans serabi gurih? Janganlah lupa singgah ke Cirebon untuk beli kudapan ini! Serabi atau surabi cirebon dibikin dengan tepung beras, terigu, air, kelapa parut, serta garam. Sewaktu masak, punyai bentuk memang menyerupai serabi Bandung. Namun, bersiap bingung menentukan taburan gurihnya nih. Ada oncom, telur, tauco, sampai tempe orek. Seperti pada serabi lain, beragam taburan ini dimasukkan waktu proses pemanggangan serabi. Gak butuh takut rasa-rasanya mentah atau amis lantaran taburan ini dapat masak berbarengan dengan serabi. Khasnya , serabi gurih ini disantap waktu sarapan bersama-sama gorengan tempe, tahu, sampai bakwan. Mantap, kan?

5. Serabi Bali

Sama dengan Jakarta, orang tak mengatakannya jadi serabi Bali. Kue ini lebih tenar dengan istilah “laklak”. Bahan membuatnya ialah tepung beras, santan, garam, serta bahan pengembang. Punyai bentuk bundar lumayan pipih seperti serabi Bandung, namun ukuran aslinya cuma sebesar bulatan jempol serta telunjuk. Kue ini pun kondang dengan aroma pandan serta daun sujinya yg kuat. Gak bertanya-tanya, serabi Bali pastinya miliki warna hijau. Nah jika umumnya serabi lain punyai beraneka taburan, serabi Bali dikasih parutan kelapa serta siraman saus gula merah saja. Rasa-rasanya gurih serta serius legit, ditambah lagi dikombinasi empuknya struktur serabi.

6. Serabi Kalibeluk

Jangan tertipu dengan penampilannya yg tampak keras. Serabi asal desa Batang ini terhitung legendaris, lho. Konon, serabi ini udah ada mulai sejak jaman kerajaan Mataram dahulu. Bahan-bahannya lantas masih simpel, yaitu terigu, air/santan, serta gula aren. Punyai bentuk semakin besar dari serabi lain. Tapi, teksturnya condong lengket dengan rasa legit yg kuat. Tidak hanya itu, serabi ini cukup tebal serta memiliki serat. Wah, makan satu saja mungkin udah kenyang ya? Serabi Kalibeluk dibikin dalam dua versus, yaitu manis serta gurih. Kudapan ini dapat dikonsumsi demikian saja tidak dengan taburan apa pun.

7. Serabi Minang

Serabi gak cuma di pulau Jawa serta Bali saja, tetapi juga di Sumatera. Kue ini seringkali dimaksud “pinukuik” yg berarti panekuk atau pancake. Tapi, ada juga yg mengatakannya jadi “serabi Minang”. Bahan-bahannya ialah terigu, vanili, santan, parutan kelapa, serta tapai. Yup, serabi Minang ini menentukan tapai jadi bahan pengembang alami. Gak bertanya-tanya, serabi ini tahan sampai beberapa hari dengan struktur adonan yg kian kental. Punyai bentuk sama dengan serabi Bandung, yaitu bundar pipih dengan warna lumayan gosong di ke dua sisinya. Tidak hanya itu, permukaan serabi Minang miliki pori-pori yg besar.

Pokoknya, janganlah lupa untuk mencicip segalanya. Terlebih kalau anda bertandang ke kota-kota di atas. Tapi sebelum berencana berlibur, anda dapat buat serabi Bandung ala rumahan dengan resep praktis ini. Selamat coba!

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *