Review Makanan Enak Di Indonesia

7 Makanan Khas Indonesia dengan Bumbu / Saus Kacang

admin
admin
September 10, 2019

Terlahir jadi yang suka sayuran yakni karunia untuk saya, sebab juga banyak orang yang tak tertarik pada sayuran, serta saat diberikan pertanyaan faktanya, jawabannya standard, “Dari kecil memang tak senang sayur”.

Karena itu saat ini sejak mulai awal saya senantiasa membimbing buah hati untuk tertarik pada sayuran, sebab sayur punya kandungan serat, mineral serta vitamin yang baik untuk kesehatan badan. Supaya sayur tak bikin jadi bosan di lidah, jenis olahan jadi salah satunya siasatnya.

Jangan lantas kita memberikan sayur bening , atau sebatas tumisan saja, tentunya jemu! Salah satunya jenis sayuran yang begitu “Indonesia” sekali dengan mencampurkan bumbu kacang ke sayuran, sampai-sampai jadilah yang namanya gado-gado, lotek, pecel, karedok, ketoprak, tahu tek serta nasi lengko yang dapat jadi pilihan anda di dalam memberikan sayur dengan rasa yang begitu nikmat. Apa ya ketidaksamaan 7 menu itu?

1. Gado-gado

Makanan yang datang dari Jawa ini senantiasa mengundang hasrat dikonsumsi dimana serta kapan saja. Gado-gado terbuat dari beraneka sayuran yang di rebus dari mulai kangkung atau bayam, kol, kacang panjang, jagung, kentang, mentimun, labu, serta di campur tempe atau tahu jadi pelengkap.

Bahan itu lalu diaduk dengan bumbu kacang sebagai kombinasi dari kacang tanah yang udah digoreng, gula jawa, air asam jawa, garam serta terasi yang bikin wangi bumbu gado-gado jadi unik. Gado-gado rata-rata diperlengkapi dengan telur rebus serta dapat dikonsumsi dengan nasi, lontong atau mungkin tidak dengan kedua-duanya, apabila anda tengan diet karbo.

Oya, sempat sekali saya makan gado-gado di Kota Cirebon, serta nyata-nyatanya ada yang tidak sama, bumbu kacangnya di campur santan supaya rasa-rasanya lebih gurih, tetapi tak merubah dengan cara penampilan. Saya juga baru memahaminya saat rekan saya yang asli Cirebon menuturkan hal itu. Saat saya konfirmasi pada ibu penjualnya, nyata-nyatanya benar, lho, gado-gadonya memakai santan. Layak saja rasa-rasanya lebih gurih.

2. Lotek

Hampir mirip dengan gado-gado, lotek datang dari Jawa serta sebagai kombinasi sayuran masak yang udah di rebus serta ragamnya hampir serupa dengan gado-gado. Tetapi pada bumbu kacangnya ditambah lagi kencur serta bawang putih sampai-sampai wanginya tambah lebih ciri khas ketimbang gado-gado. Lotek tidak juga diberikan dengan sayatan telur rebus serta kentang, tetapi biasa ikuti dengan ketupat atau lontong.

Di salah satunya kota kecil di Jawa Barat, ialah Kuningan, tempat saya di besarkan, lotek tak ada perbedaannya dengan gado-gado. Cuma sehubungan penamaan saja. Kalau di Jakarta disebutkan gado-gado yang bermakna campur aduk, dan di Kuningaan biasa disebutkan lotek.

3. Pecel

Pecel yang datang dari Madiun ini pula jadi salah satunya makanan yang berisi kombinasi sayuran masak seperti kangkung, kacang panjang, tauge, serta mentimun. Tetapi penyajiannya tidak sama dengan gado-gado serta lotek yang diaduk rata dengan bumbu kacang yang udah dihaluskan. Bumbu kacang diberikan lewat cara disiram di atas sayuran yang udah dihimpun dalam pincuk yang terbuat dari daun. Pincuk ini pula sebagai salah satunya kekhasan dari pecel yang tidak sama dari lainnya.

Bumbu kacang pecel diulek tidak terlampau halus. Bumbunya terbagi dalam kacang tanah, gula merah, cabai, serta garam dikasih perasan jeruk limau atau purut yang bikin wangi bumbu kacangnya begitu ciri khas. Paling akhir, pecel rata-rata diberikan dengan rempeyek rebon, teri atau kacang tanah yang bakal menaikkan nikmat dengan kerenyahannya.

4. Karedok

Karedok paling enak di nikmati waktu santap siang hari lantaran karedok terbuat dari sayuran mentah yang fresh serta renyah. Makanan ciri khas Sunda ini terbagi dalam kombinasi sayuran mentah seperti tauge, mentimun, kol, kacang panjang, serta kemangi yang bakal membuat jadi wangi. Tidak hanya kemangi, kencur jadi bumbu yang bikin karedok jadi begitu ciri khas. Kombinasi sayur mentah, kemangi, serta bumbu kacang yang di campur kencur, bikin karedok bercita rasa super enak!

5. Ketoprak

Hidangan ini satu diantara makanan berbumbu kacang tapi minim sayuran serta pastinya bisa saja pilihan pilihan untuk anda yang tak senang sayuran. Ketoprak sebagai hidangan ciri khas Betawi yang berisi bihun, tauge, tahu putih goreng, serta potongan lontong atau ketupat. Tahu putih ini rata-rata digoreng tidak lama sesudah ketoprak dipesan serta mau diberikan. Hmm, kebayang kan, bagaimana harum aroma tahu yang menguar.

Bumbu kacangnya mempunyai aroma yang cukup kuat dari bawang putih mentah di dalamnya. Tidak hanya disiram bumbu kacang, ketoprak dikasih dikit siraman kecap manis supaya lebih enak. Ohya, apabila membelinya di pedagang keliling, bumbu ketoprak tak diulek di atas cobek lho, namun di atas piring dengan memakai ulekan dari bambu.

6. Tahu tek

Tahu tek mempunyai asal mulanya penamaan yang unik, sebab makanan ciri khas Surabaya ini menyajikannya lewat cara memanfaatkan gunting untuk memangkas berbahan seperti tahu, mentimun, lontong, kentang goreng serta tauge. Saat memangkas bahan itu memakai gunting, maka dapat muncul bunyi tek, tek, tek, sampai-sampai pada akhirnya diketahui dengan istilah tahu tek.

Tahu tek tidak sama dengan makanan berbumbu kacang yang lain sebab memakai petis dalam bumbu kacang yang di campur dengan air, cabai, gula serta bawang putih. Di wilayah aslinya, tahu tek lalu dibikin lebih beragam. Tahu putih dipotong-potong atau dihancurkan, lalu di campur dengan telur untuk lalu digoreng jadi serupa telur dadar. Hidangan ini lalu disebutkan dengan tahu telur.

7. Nasi Lengko

Nasi lengko yakni makanan simpel ciri khas pantura, ialah Cirebon, Indramayu, Brebes serta seputarnya. Sama dengan namanya, nasi jadi bahan khusus sebagai sisi di dalamnya, tak seperti lainnya. Nasi putih ditambah lagi tauge rebus, mentimun mentah, tahu goreng, tempe goreng, sayatan saun bawang, serta disiram dengan bumbu kacang. Tidak cuma disiram bumbu kacang saja, tetapi nasi lengko disiram dengan sambal kecap, dari kombinasi kecap serta sayatan cabe rawit. Kerupuk bundar putih akan jadi pelengkap nasi lengko ini, yang di kenal juga jadi makanan murah serta meriah tetapi kaya protein.

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *