Review Makanan Enak Di Indonesia

8 Jenis Ayam Bakar Khas Indonesia yang Menggugah Selera

admin
admin
August 10, 2019

Olahan ayam di Indonesia memang tidak ada habisnya. Gak bingung, bahan daging putih ini memang empuk serta sesuai dengan beberapa bumbu ciri khas Nusantara. Pengen digoreng atau dibakar, seluruhnya saling nikmat. Ditambah lagi apabila bumbunya resap prima, hmm rasa-rasanya ingin meningkatkan jumlah nasi!

Bicara bab ayam bakar, sajian ini memang popular di Indonesia. Struktur roasty serta terkaramelisasi di permukaan kulitnya memang jadi sensasi khusus. Rata-rata, ayam butuh dimarinasi bumbu terlebih dahulu serta seterusnya dibakar atau dipanggang sampai masak. Nah, tiap-tiap wilayah Indonesia punyai bumbu ciri khas yang bikin si ayam bakar jadi ikonik. Kalaupun anda mengatakan pencinta ayam bakar, sangat percaya udah coba model ayam bakar di bawah ini?

1. Ayam Bakar Padang

Kalaupun anda berlangganan ke RM Padang tentunya mengenal dengan menu satu ini. Ayam bakar ciri khas Padang memang tetap jadi idola lantaran bumbunya yang kaya. Bahkan juga konon, lauk ini seringkali jadi sinyal kelezatan satu RM Padang, lho.

Sebelum dibakar, ayam terlebih dahulu di masak dalam kombinasi santan serta racikan bumbu kuning sampai struktur kuahnya mengental. Kecuali bumbu kuning, ada penambahan serai, asam kandis, serta daun aromatik yang meningkatkan kaya citarasa ayam. Coba renungkan beraneka rasa seperti pedas serta gurih pada suatu suapan bersama dengan nasi hangat. Slurp!

2. Ayam Sapit

Berganti dikit ke Palembang, ada hidangan ayam yang dibakar melalui cara unik yaitu pakai penjepit bambu. Ayam sapit yakni ayam bakar ciri khas kota pempek. Hampir serupa dengan Padang, ayam sapit butuh di masak dalam santan berbumbu sampai struktur bumbunya kental serta meresap prima. Bumbu halusnya sendiri terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, terasi masak, ketumbar, serta jintan. Kemudian, ayam dikempit pada bambu serta dibakar sampai masak. Unik, ya?

3. Ayam Bekakak

Rubah ke Pulau Jawa, ada ayam bekakak ciri khas Sunda yang siap menyongsong anda. Hidangan ayam ini memang berniat disiapkan utuh dengan urutan telentang waktu acara hajatan. Konon, ayam bekakak ini diikonkan jadi sedekah dari empunya hajat pada warga kira-kira.

Ayam bekakak mempunyai gabungan rasa yang unik, yaitu manis, gurih, serta pedas. Kecuali bumbu yang beraneka, rahasia kelezatan ayam bekakak yakni santan. Jadi, ayam diungkep terlebih dahulu dengan santan berbumbu seperti pada ayam bakar ciri khas Sumatera. Wah, ikhlas kalap dengan sepiring nasi hangat nih!

4. Ayam Bakar Solo

Buat anda pencinta masakan seperti baceman, yuk coba ayam bakar ciri khas Solo! Ayam bakar yang satu ini memang berkesan “Jawa” lantaran rasa manis serta gurih yang menyatu dalam tiap-tiap gigitannya. Ditambah lagi, kenampakannya yang mengkilat pula tampak menarik serta tambah menggugah hasrat. Sebenarnya, rahasia kesenangan ayam bakar Solo yakni pemanfaatan air kelapa serta kecap dalam proses ungkepnya. Tidak hanya itu, ayam kampung yang memiliki tekstur pula meningkatkan lezat sajian ayam ini. Ditambah lagi dikonsumsi berama nasi hangat, tempe-tahu goreng, serta sambal bawang. Mantap!

5. Ayam Taliwang

Ayam bakar satu ini sudah sempat naik daun di Indonesia. Ayam taliwang yakni ayam bakar ciri khas Lombok yang populer super pedas serta bercitarasa. Bumbu marinasi atau bumbu ungkep yang dimanfaatkan memang pedas sekali, yaitu bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, terasi Lombok, kencur, serta garam. Wih, kebayang merahnya hidangan ini ya? Selesai dibakar, ayam taliwang biasa disiapkan dengan plencing kangkung serta taburan bawang goreng. Bersiap kapok!

6. Ayam Cincane

Sempat terbersit memakan ayam bakar untuk sarapan? Nah di Kalimantan Timur, ayam cincane satu diantara menu sarapan yang popular, nih. Sebenarnya gak cuma sarapan, namun ayam bakar ini memang sesuai disiapkan untuk hidangan makan kapan saja. Rasa-rasanya gurih, legit, serta pedas dari bumbu cabai, terasi, serta gula merah yang ciri khas. Tidak hanya itu, pemanfaatan ayam kampung pula jadi kunci kelezatan sajian ini. Kecuali jadi menu sesehari, ayam cincane pula disiapkan dalam acara etika serta hajatan. Coba hidangkan dengan nasi hangat serta sambal dadah, ditanggung meningkatkan nafsu makan berkali lipat!

7. Ayam Iloni

Masih hidangan untuk si pencinta pedas, ayam iloni ciri khas Gorontalo ini pun gak bisa ditinggalkan. Ayam bakar ini persis dengan bumbu kuningnya yang terasa gurih dan pedas. Nah, sedikit ada ketidakcocokan metode memasak di antara ayam iloni serta ayam bakar yang lain, nih. Kalaupun rata-rata ayam bakar diungkep dalam santan berbumbu, ayam iloni digodog dalam santan terlebih dulu baru sesudahnya di masak dengan bumbu halus. Hasilnya? Pastinya bikin anda ingin lekas terbang ke Sulawesi!

8. Ayam Paniki

Manado memang surganya masakan pedas, antara lainnya yakni ayam paniki. Ayam bakar yang satu ini memang populer pedas menusuk serta gurih. Bumbu ciri khas yang biasa dipakai yakni bawang merah, cabai, terasi, serta santan untuk mengungkep ayam. Kecuali di Manado, sajian ini pun ada pada Ternate, lho. Bahkan juga sebenarnya gak cuma ayam saja yang dapat di masak paniki, namun dapat juga sapi atau bebek. Wow!

Lantaran sejumlah besar bedanya cuma terdapat pada bumbu, anda dapat juga buat di dalam rumah, lho. Namun sebelum mulai, baca dahulu panduan membakar atau memanggang ayam di bawah ini agar hasilnya empuk serta pastinya masak sampai ke. Selamat coba!

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *