Review Makanan Enak Di Indonesia

9 Jenis Kue yang Tetap Lezat & Lembut Meski Tanpa Telur

admin
admin
July 29, 2019

Apa rasa-rasanya kalau kue dibikin tiada telur? Bayangan saya langsung tertuju pada struktur yang ringan hancur serta kurang lembut. Telur memang menggenggam andil besar dalam pengerjaan kue. Tidak cuman menghaluskan teksturnya, telur bisa menjadikan satu semua bahan dengan ringan. Bahkan juga, kue dengan telur punyai citarasa khusus yang super nikmat serta unik.

Akan tetapi, sejumlah resep kue dibikin tiada telur. Misalnya bika ambon yang diperlukan hampir 12 butir telur untuk satu loyangnya. Wah, renungkan banyak kalori dalam sekali santap ya? Tidak hanya itu, ada banyak orang yang alergi pada telur atau akan memutuskan untuk jadi vegan. Oleh sebab itu, bukan tidak mungkin kalau suatu kue dapat dibikin tiada telur serta rasa-rasanya konsisten lezat. Apakah saja type kuenya? Baca satu ini!

1. Kue Sagon

Hayo, kapan akhir kali anda melahap kue ketinggalan jaman ini? Kue sagon yakni kue kering memiliki tekstur dengan rasa gurih ciri khas kelapa. Meskipun telah jarang-jarang terdengar, kue sagon masih kerap disiapkan waktu Lebaran atau jadi oleh-oleh waktu mudik ke Jawa Tengah. Struktur renyah serta lumer di mulut ini tidak kalah enak dari kue-kue kering yang menggunakan telur, lho. Dengan empat bahan saja, yaitu tepung sagu, kelapa parut, gula, serta daun pandan, kue sagon dapat nikmati saat-saat enjoy ngemil di sore hari.

2. Kastengel

Pencinta kue kering gurih pastilah tidak bakal menampik kastengel. Aroma keju yang kuat ditambah renyahnya struktur yang lumer di mulut, hmm siapa yang dapat tahan? Kue yang hadir dari negeri kincir angin ini dapat dibikin dengan tiga bahan saja, yaitu terigu, keju, serta margarin/mentega. Segalanya digabung sampai kalis, lalu dibuat seragam serta diberi keju parut.

Apabila ditambah telur, kastengel memang merasa lebih lumer serta bercitarasa. Akan tetapi, anda dapat menyiasatinya dengan bagian mentega serta penggunaan keju yang beraneka.

3. Croissant

Type pastry ini populer jadi sarapan ala western. Teksturnya yang ringkih serta renyah malah jadi daya tarik khusus waktu disuguhkan bersama-sama satu cangkir teh. Pastry ini biasa disantap bersama-sama selai buah atau isian gurih. Bahan pembuatnya juga terdiri atas terigu, ragi, gula, garam, mentega, serta air dingin. Adonan ini lalu dibuat berlipat lipat serta dipanggang sampai masak. Aroma menteganya demikian kuat waktu pintu oven dibuka. Jadi tiada telur juga, kue ini konsisten nikmat serta bercitarasa.

4. Pretzel

Kue asal Jerman ini kerap kita temukan di pusat pertokoan. Dengan bermacam topping, tidak tahu gurih atau manis, pretzel nikmat disantap kapan saja serta dimana saja. Bahan dasarnya yakni terigu, ragi, mentega, serta air. Sewaktu telah diulen kalis, adonan itu dibuat seperti simpul. Taburkan topping idola anda serta panggang sampai masak.

Seperti resep roti beberapa, pretzel memang semakin lebih lembut dengan telur. Tetapi sepanjang anda menguleninya sampai kalis, pretzel konsisten dapat empuk serta super lezat. Ditambah lagi dikasih rasa bawang putih, keju, serta taburan parsley. Nyam!

5. Apple Pie

Hidangan manis yang popular di negara Barat ini juga konsisten nikmat tiada telur. Apple pie kerap disuguhkan waktu hari pribadi atau perayaan keagamaan. Isiannya dibikin seperti strudel apel, yaitu potongan apel yang digabung dengan gula, air lemon, kayu manis, mentega, serta maizena. Kedepannya, isian ini dituang pada sisi tengah pie serta ditutup dengan “anyaman” pie crust.

Buat pie crust cuma diperlukan terigu, mentega, serta air es. Bahan ini diulen sampai dapat dibuat serta di isi dengan manisan apel. Rasa asam-manis bersatu dengan renyahnya crust serius mengajak. Rasa-rasanya serasi untuk hidangan spesial dalam hari Natal, ya?

6. Donat

Donat tiada telur? Bukan permasalahan. Pada prinsipnya, donat punyai bahan basic yang sama seperti roti, yaitu terigu, ragi, gula, serta susu/air hangat. Uleni sampai kalis, lalu bentuk jadi donat serta goreng sampai masak. Imbuhkan bermacam topping seperti meises, keju parut, lelehan coklat, sampai kacang. Atau, anda dapat imbuhkan beberapa bahan lain dalam adonan biar meningkatkan citarasa contohnya pisang serta ubi ungu.

7. Pancake

Sarapan merasa lebih spesial dengan kue ini. Tidak seperti kue dadar, pancake punyai struktur lembut serta empuk-mengembang. Siraman sirup maple serta lelehan mentega meningkatkan nikmat kue ini. Tidak cuma itu, pancake bisa pula digabung dengan bermacam bahan seperti pisang serta kacang.

Bahan pengerjaan pancake yakni terigu, gula, susu, mentega, serta bahan pengembang. Kalau tidak gunakan telur, anda dapat menghaluskan struktur pancake dengan susu full krim atau minyak sayur.

8. Brownies

Siapa yang tidak sukai brownies? Kue nyoklat dengan struktur padat ini merasa super nikmat, tidak tahu condong fudgy atau chewy. Kue yang lahir dari suatu peristiwa pengerjaan bolu coklat ini juga dapat dibikin tiada telur. Bahkan juga, teksturnya tetap moist serta ditanggung membuat anda kecanduan dalam setiap gigitannya!

Adonan brownies terdiri jadi dua, yaitu adonan kering serta basah. Adonan kering terbagi dalam terigu serta coklat bubuk, dan adonan basah yakni telur, coklat masak (DCC), gula, serta mentega. Kalau tidak gunakan telur, imbuhkan minyak sayur, yogurt, atau buttermilk. Ingat, konsisten simak resep serta cocokkan takarannya dengan bahan lain.

9. Bolu

Last but no least, bolu bisa pula dibikin tiada telur, lho! Kue yang ringan digabungkan dengan bermacam bahan serta rasa ini tetap merasa lembut serta enteng. Metodenya, imbuhkan yogurt serta minyak sayur buat bikin struktur lembut. Yup, sama dengan brownies, pilih minyak sayur yang tidak beraroma serta punyai rasa ciri khas seperti minyak zaitun. Tidak hanya itu, gunakan terigu type self-rising agar bolu lebih ringan mengembang. Tidak lupa, campurlah bahan pengembang agar kue bolu tidak bantat serta merasa empuk.

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *