Review Makanan Enak Di Indonesia

9 Resep Jajanan Pasar Khas Indonesia dari Tepung Beras

admin
admin
July 27, 2019

Bukan rahasia apabila beras berubah menjadi komoditi besar di Indonesia. Tidak cuma nasi hangat buat makanan harian, beras diproses jadi tepung dengan struktur halus serta licin. Nah, kudapan serta jajanan pasar kita banyak diproses dari tepung ini, lho. Kue-kue ini punyai rasa manis serta kelembutan yang ciri khas.

Diluar itu, bubur-bubur camilan yang biasa disantap buat takjil Ramadhan juga gunakan tepung beras. Pokoknya, tepung beras tambah banyak diproses berubah menjadi makanan manis dalam jumlah kecil. Dibanding persediaan tepung beras menganggur di dalam rumah, coba buat jadi panganan kecil selanjutnya yuk!

1. Nagasari

Kue basah ini gampang diketemukan di pasar tradisionil. Kenampakannya dibungkus daun pisang sesaat kuenya berwarna putih serta memiliki tekstur kenyal.

Nagasari dibikin dengan paduan tepung beras, santan, serta gula. Kue ini makin ciri khas dengan potongan pisang yang menjadi isian adonan itu. Nagasari biasa disediakan kala arisan atau acara keluarga. Tidak cuma putih, nagasari dapat juga dikasih warna lain seperti merah, biru, serta hijau. Menarik, ya?

2. Talam

Talam merupakan tipe kue yang dapat dibikin dengan beragam bahan. Ada talam singkong, ebi, abon, ubi, labu, sampai jagung dengan citarasa beraneka. Sebab banyak pembaharuan, tidak ada yang menyatakan asal kue ini. Talam memang menyebar luas di Indonesia dengan beragam nama umpamanya gandos (Jambi).

Pada intinya, talam dibikin dengan tepung beras, tapioka/sagu, santan, serta gula. Setelah itu, adonan itu digabung dengan bahan pokok yang telah dihaluskan seperti ubi, labu, singkong, serta pisang. Tuangkan adonan dalam cetakan cucing serta kukus sampai masak.

3. Putu Ayu

Seperti namanya, kue ini memang nampak ayu alias cantik. Kombinasi rasa gurih serta manis menyatu di mulut mulai sejak gigitan pertama. Putu ayu sama dengan warna hijau serta taburan kelapa parut. Dengan punyai bentuk yang unik, putu ayu seringkali disediakan dalam acara etika serta hajatan.

Putu ayu adalah kombinasi tepung beras, gula, telur, santan, serta sari daun pandan-suji. Kue ini berasa lembut serta cukup lembab sebab diolah kukus.

Vs lain dari kue ini merupakan putu bambu. Perbedaannya, bahan putu bambu lebih simpel yaitu tepung beras, air hangat, garam, gula merah, serta parutan kelapa. Selanjutnya, paduan bahan itu dituang dalam cetakan bambu serta dikukus sampai padat.

4. Kue Lapis

Siapa yang tidak tahu kue lapis? Jajanan pasar ini popular jadi kudapan arisan atau acara spesial. Kue ini punyai penampilan yang menarik dengan susunan berlainan warna. Namun beda dengan lapis legit, lapis beras punyai warna yang lebih transparan serta struktur kenyal.

Kue ini dibikin dengan paduan tepung beras, sagu/tapioka, gula, garam, serta santan. Semua bahan ini digabung jadi satu serta dikukus dalam panci dandang. Supaya membuat susunan, setiap lapis dikukus satu demi satu. Umpamanya susunan berwarna putih lebih dahulu, lalu setelah itu susunan coklat. Demikian selanjutnya hinggat set serta jadi tumpukan yang terbagi dalam 2-3 tipe warna susunan.

Panci paling bawah berperan jadi wadah air mendidih serta 2 panci yang lain jadi wadah makanan. Sebab terhitung panci kukus susun, SUPRA Panci Kukus ini terbuat berbahan stainless steel berkualitas. Sampai, anda tidak usah cemas sebab kue pastinya masak rata.

5. Putu Mayang

Berlainan dengan putu ayu, putu mayang mempunyai kenampakan seperti mie dengan siraman kinca (saus gula merah). Jajanan pasar ini makin cantik dengan warna yang beraneka seperti putih, merah muda, serta hijau.

Putu mayang datang dari Betawi. Membuatnya mencampurkan tepung beras, sagu/tapioka, santan, serta gula. Adonan itu selanjutnya di rebus sampai kental serta halus. Setelah itu, adonan diciptakan jadi gumpalan mie serta disiram saus kinca yang manis-legit.

6. Kue Cucur

Kue satu ini cukup legendaris di market. Sesungguhnya, kue cucur banyak ditawarkan di beberapa lokasi Asia Tenggara. Tetapi di Indonesia, kue basah ini seringkali jadikan camilan dalam upacara etika. Kekhasan bentuk serta rasa berikut ini yang bikin kue cucur punyai arti sendiri untuk penduduk kita.

Kue cucur punyai pinggir yang bergelombang, dan tengahnya menggembung seperti gunung. Rasa-rasanya legit, basah, serta ciri khas sebab ada sensasi lihat serta lumer yang menyatu jadi satu.

Kue cucur terbagi dalam santan, gula merah, tepung beras, tapioka, serta bahan pengembang. Semua bahan itu digabung jadi adonan serta digoreng sampai mekar. Sepanjang digoreng, kue cucur butuh ditusuk sisi tengahnya supaya membuat “gunung”.

7. Apem

Kue yang serupa serabi Bandung ini mempunyai ukuran lebih tebal serta lebih empuk. Pada intinya, apem merupakan kue ciri khas Arab yaitu appam. Arti appam ini setelah itu disadur dari kata “afuan” yang bermakna ampunan. Karena itu, kue apem banyak ditawarkan sepanjang bulan suci Ramadhan.

Adonan apem kian lebih kental dari serabi. Dibikin dengan paduan tepung beras, telur, gula, tapai, ragi, serta santan, adonan apem butuh disimpan semalaman supaya mengembang serta berpori kala dipanggang. Rasa-rasanya ciri khas dengan aroma wangi dari kombinasi ragi serta tapai.

8. Carabikang

Siapa yang tidak kagum kue bersifat unik ini? Carabikang punyai bentuk mekar serta berwarna-warni. Kue ketinggalan jaman ini seringkali datang di acara hajatan atau temani teh hangat kala gerimis hujan.

Meskipun memiliki serat, kue ini tidak sama juga dengan bika ambon. Carabikang dibikin dengan tepung beras, terigu, gula, telur, serta santan. Apabila mau lebih kenyal serta cukup set, imbuhkan tepung tapioka dengan mengatur ukuran tepung lain. Panggang dalam cetakan bundar panas serta hidangkan saat hangat. Rasa manis serta lembutnya struktur ditanggung buat kecanduan!

9. Pancong

Kue pancong sudah pernah naik daun di Indonesia. Dengan struktur lembut serta taburan beragam topping, pancong mampu mengambil hati kelompok milenial.

Mulainya, kue ini merupakan jajanan ciri khas Betawi yang simpel. Punyai bentuk 1/2 lingkaran dengan struktur padat namun lembut di lidah. Kala masak, pancong classic cuma diberi parutan kelapa serta gula pasir. Tetapi, kombinasi rasa gurih serta manis ciri khas berikut ini yang buat rindu!

Pancong dibikin dengan mencampurkan tepung beras, santan, garam, gula, serta kelapa parut. Membuatnya memanfaatkan cetakan spesial yang serupa kue pukis. Kue ini paling nikmat disediakan hangat dengan satu cangkir teh. Slurp!

Kue apa yang tidak pernah anda coba? Yuk, lekas serbu pasar tradisionil sebelum jajanan pasar di atas hilang dari peredaran. Tidak cuman dari tepung beras, jajanan pasar ciri khas nusantara banyak pula dibikin dari tepung ketan, lho.

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *