Review Makanan Enak Di Indonesia

Aneka Rujak Khas Indonesia

admin
admin
August 29, 2019

Rujak yaitu makanan fresh favorite saya. Satu diantara salad ciri khas Indonesia ini umumnya didominasi oleh buah-buahan yang dipotong lalu disiram dengan saus kacang yang pedas-manis. Tapi bertambah jauh menelusuri, saya juga menemukannya banyak jenis dari rujak buah. Tiap-tiap wilayah punyai keunikannya sendiri, entahlah diubah atau ditambah beberapa bahan baru yang bikin rasa-rasanya semakin spesial. Ingin tahu apa rujak ciri khas Indonesia yang perlu anda cicip? Scroll ke bawah, ya!

1. Rujak U Groeh

Umumnya, rujak selamanya persis dengan bermacam buah potong. Tapi di Aceh Besar, ada satu rujak yang detail pakai satu bahan, yakni rujak u groeh. Rujak ini pakai batok kelapa yang masih ringkih hingga berasa lembut serta renyah waktu dikunyah. Pemanfaatan bumbunya juga termasuk unik, nih, yaitu kombinasi gula merah, cabai, tepung roti, serta perasan jeruk nipis. Konon, rujak ini sekedar berada di Aceh Besar. Siap mendaki gunung serta menuruni lembah untuk kesana?

2. Rujak Mie

Ada lagi rujak unik dari pulau Sumatera, persisnya dari Palembang. Tetapi nantikan, rujak yang ini tak berisi buah-buahan, lho. Rujak mie sebagai hasil perkawinan di antara pempek serta rujak. Khasnya, rujak mie tentulah lebih mementingkan bahan mie. Ada mie kuning serta soun, lalu ditambah potongan timun, pempek, serta disiram kuah cuko yang pedas-gurih-manis. Wah bila berjalan-jalan ke Palembang, berhati-hati tertukar dengan pempek, ya.

3. Rujak Juhi

Ada yang serupa rujak mie di Jakarta, yaitu rujak juhi. Tapi saat ini bukan mie yang menjadi bintangnya, tetapi juhi alias cumi atau sotong kering yang dipotong melebar serta dipanggang. Juhi akan digabungkan dengan mie kuning, potongan mentimun, daun selada atau kol, serta kentang yang disiram dengan sambal kacang. Hmm, yang pasti nikmat serta gurih sekali. Oh iya, janganlah lupa makannya dengan kerupuk mie atau emping!

4. Rujak Es Cream

Bila anda bertandang ke Jogja, janganlah lupa mengecap rujak es cream. Secara prinsip, rujak es cream yaitu rujak serut yang terbagi dalam nanas, bengkoang, timun, kedondong, dll. Lalu, rujak serut barusan dikasih kuah sambal serta topping es puter bahannya basic santan. Sesuai sekali bila diminum waktu cuaca panas, nih!

5. Rujak Cingur

Anda kenal apakah yang dimaksud “cingur”? Cingur yaitu moncong atau mulut serta hidung sapi yang miliki struktur lembut serta kenyal. Kesannya unik, tetapi siapa duga rujak asal Jawa Timur ini sangatlah diincar orang. Bahkan juga tidak itu saja, rujak cingur pun mengkombinasikan sayur dan buah. Buahnya pakai timun, bengkoang, mangga muda, serta nanas ditambah sayur tauge, kangkung, serta buncis. Paling akhir, sambal kacang yang gurih siap mengguyur kombinasi cingur, buah, serta sayur. Intinya komplet serta ditanggung anda tentu kenyang senang!

6. Rujak Soto

Beberapa fans soto, siapa telah coba rujak satu ini? Rujak soto terbagi dalam sayuran rebus seperti kangkung serta tauge yang diuleg dengan kacang tanah kupas, gula merah, serta petis. Rujak asal Banyumas ini pula mengikutsertakan cingur seperti rujak-rujak ala Jawa Timur yang lain. Sehabis semua diuleg, beberapa bahan itu di tempatkan dalam mangkok serta disiram kuah soto yang gurih serta hangat. Lebih taburan bawang goreng tentu semakin top!

7. Rujak Petis

Rujak satu ini masih satu rumpun dengan rujak cingur, yaitu mengkombinasikan sayur dan buah. Bahkan juga, model sayur dan buah yang dimanfaatkan juga tidak jauh beda dengan rujak cingur. Tapi rujak petis tidak pakai cingur, tapi tempe serta tahu. Rujak ini jadi bertambah unik lantaran terdapatnya sambal petis udang plus sambal kacang. Wah, kebayang rasa gurih serta legitnya, ya?

8. Rujak Gobet atau Serut

Kecuali rujak cingur, ada rujak asal Kota Pahlawan yaitu rujak gobet. Bermacam buah seperti kedondong, bengkoang, mangga, nanas, ketimun, ubi jalar, serta jeruk Bali kedepannya akan diserut kasar serta di rendam bumbu rujak yang pedas-manis-gurih. Fresh deh intinya! Oh iya, rujak gobet ini seringkali ada dalam acara pernikahan, khitanan, serta ritual kehamilan 7 bulan, lho.

9. Rujak Kuah Pindang

Nasi jinggo, ayam betutu, serta sate lilit yang pasti sudah terbiasa. Bagaimana dengan rujak kuah pindang? Hmm, rasa-rasanya tentu sangatlah menarik, ya. Sensasi dikit amis dari ikan fresh ditanggung buat anda kecanduan. Rujak ini berisi bermacam buah seperti mangga muda, pepaya muda, jeruk Bali, serta kedondong yang iris tipis plus disiram kuah kepala ikan yang pedas dan gurih. Perlu dicoba, nih!

10. Rujak Terasi

Lombok tidak cuma populer dengan pantainya yang indah, tetapi juga rujaknya yang fresh. Yup, ada rujak terasi yang menjadi lambang pulau ini. Sesungguhnya rujak terasi yaitu rujak buah seperti kedondong, mangga muda, pepaya, nanas, timun, serta buah potong yang lain. Tapi, rujak ini gunakan dua kuah yaitu saus gula merah plus kuah merah. Nah disini keunggulan si rujak lantaran kuah merahnya terbuat dari cabe rawit serta terasi. Mantap sekali, kan?

Begitu banyak ragamnya, ya? Pada rujak-rujak di atas, mana yang favorite anda, nih? Bila favorite saya yaitu nomer 3, 4, serta 6.

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *