Review Makanan Enak Di Indonesia

Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Bandung

admin
admin
September 12, 2019

Waktu bertandang ke kota lain, tentu kita pingin cicipi makanan ciri khas wilayah itu. Begitupun waktu bertandang ke Bandung, kota kembang yang tidak hanya tawarkan wisata tempat tapi pula menyediakan wisata kuliner. Automatic amat banyak makanan enak yang dapat dicoba serta jadikan jadi oleh-oleh ciri khas Bandung.

1. Brownies Kukus serta Pisang Bolen

Diawali dari kue brownies kukus yang telah digemari banyak orang terlebih dulu berubah menjadi oleh-oleh ciri khas semenjak tahun 2000-an. Umumnya brownies kukus miliki rasa coklat, tetapi jangan kuatir kalaupun kamu gak begitu senang coklat sebab ada kombinasi rasa lain yang dapat diseleksi seperti rasa keju, tiramisu, pandan, strawberry, serta beragam topping yang lain.

Kecuali brownies, juga ada pisang bolen, yakni pisang yang dibungkus adonan pastry berupa kotak yang lantas dipanggang. Umumnya pisang bolen berisi penambahan potongan keju atau coklat, tetapi juga ada bolen yang berisi peuyeum atau durian. Brownies serta pisang bolen ini dapat dengan gampang didapat di wilayah Dago, Pasteur, Ujungberung, Antapani, serta Cimahi.

2. Peuyeum

Makanan ciri khas Bandung yang telah kondang sejak dahulu ini terbuat dari singkong mentega yang dikasih ragi serta difermentasi saat beberapa saat, sembari digantung sampai singkongnya masak, lunak, serta manis. Dibutuhkan pencampuran ragi yang sesuai supaya peuyeum yang dibuat tak asam maupun pahit. Bila pingin cicipi peuyeum langsung, putuskan peuyeum yang berwarna kuning serta lunak.

Tapi bila ingin dibawa pulang, baiknya pilih peuyeum yang berwarna lumayan putih serta tidaklah terlalu lunak supaya peuyeum tidaklah terlalu masak waktu sampai di dalam rumah kamu kelak. Peuyeum dapat dibeli di wilayah Lembang, Pasteur, semua pasar tradisionil di Bandung, serta selama jalan Cipatat.

3. Colenak

Hayo siapa yang belum ketahui makanan ini? Sebagai singkatan dari ‘dicocol enak’, colenak merupakan makanan yang terbuat dari peuyeum bakar yang ditambah parutan kelapa serta saus dari gula merah yang dilelehkan. Rasa manis ditambah wangi yang enak bakal membuat kita terhasut buat mencicipinya. Ingat buat singgah ke wilayah Cicadas buat mendapatkan colenak asli langsung dibikin ditempatnya!

4. Keripik Tempe serta Oncom

Dibikin dari tempe serta oncom yang di iris tipis lalu dibalut terigu sebelum digoreng, membuat keripik ini renyah sesuai dikonsumsi. Kalaupun kita mujur, kita dapat menyaksikan langsung proses membuatnya sekalian cicipi keripik yang baru diambil dari penggorengan super besar.

Rasa-rasanya tentu ditanggung lebih mantap deh kalaupun dicicip langsung. Keripik tempe serta oncom ini ada dalam rasa asin gurih, pedas, serta asin manis. Kita dapat beli keripiknya di wilayah dekat terminal seperti Leuwi panjang, Pasir koja, Cicaheum, serta Pasteur.

5. Mie Kocok serta Cuanki

Cuanki serta mie kocok merupakan makanan menyerupai mie baso yang asli ciri khas Bandung. Cuanki, makanan yang seringkali pula dikatakan baso Bandung ini terdiri dalam kuah daging sapi yang ditambah siomay kering, siomay basah, tahu kering serta baso sapi. Kalaupun kata saya sich, cuanki lebih menyerupai baso Malang tetapi punyai rasa kuah yang beda. Umumnya cuanki pula disiapkan dengan penambahan wortel cincang rebus. Nah, kalaupun pengen jajan cuanki, kita dapat hadir ke jalan Serayu di wilayah Cihapit.

Tidak sama dengan cuanki yang terdapat banyak topping pilihan, mie kocok merupakan hidangan yang terdiri dalam mie kuning basah, sayur tauge, potongan kikil serta kuah kikil sapi. Kikil yang digunakan di tempat ini serius datang dari kaki sapi yang gurih lho. Walau namanya mie kocok, tetapi jangan kamu asumsikan mie-nya dibikin atau disiapkan lewat cara dikocok-kocok, ya! Mie kocok ini banyak ditawarkan di jalan Banteng, Cicaheum, serta Ujungberung.

6. Baso Tahu serta Batagor

Baso yang disebut tidaklah terbuat dari adonan daging sapi, ya! Baso tahu ini terbuat dari adonan ikan tenggiri serta terigu yang ditambah tahu atau kulit pangsit, lalu dikukus. Dan batagor merupakan baso tahu goreng. Jadi, sesuai namanya, batagor ya bermakna baso tahu yang digoreng.

Tetapi baso tahu yang digunakan buat batagor tidak usah dikukus dahulu. Umumnya baso tahu serta batagor ini disiapkan dengan siomay basah, kol, telur rebus, kentang, pare, serta dikasih saos bumbu kacang. Kita dapat banyak mendapatkan baso tahu serta batagor di wilayah Veteran, Burangrang, serta Buah Batu.

7. Nasi liwet

Buat yg suka makanan berat, nasi liwet kayaknya sesuai berubah menjadi pilihan kuliner Bandung. Nasi liwet merupakan nasi yang diolah dengan penambahan garam, bawang merah, cabe, lengkuas, daun salam, serai, serta ikan asin teri atau peda. Kebayang dong bagaimana wangi nya? Hmm! Bener–bener buat ngiler. Ditambah lagi kalaupun nikmati nasi liwet ini di wilayah Punclut yang kondang sejuk serta punyai panorama Bandung yang indah terlebih saat malam hari. Ditanggung semakin senang deh makan di sini!

8. Sate Kelinci

Buat yg suka makanan ekstrim, sate kelinci ini bisa saja pilihan. Rasa-rasanya susah memang kalaupun ingat binatang selucu kelinci jadikan sate. Tapi daging kelinci ini tukasnya bisa saja obat sejumlah penyakit, sampai hidangan ini banyak dicari orang waktu ke Bandung. Kalaupun tak tega makan ini, kamu dapat juga kok beli atau sekadar mengelus-elus hewan kelinci yang ditawarkan di muka warung sate di wilayah Lembang ini.

Nah, itu beberapa kuliner yang dapat diicip sekalian dibawa pulang waktu kamu berlibur ke Bandung. Rugi deh rasa-rasanya kalaupun ke Bandung tetapi gak coba semua makanan uniknya. Kalaupun tidak ingin repot, kamu dapat sekalian membelinya di toko oleh-oleh ciri khas Bandung. Tehnik dari saya, belilah makanan atau oleh-oleh di toko langsung memproduksinya ketimbang di toko oleh-oleh atau tempat yang cuma jual barang jadinya, supaya dapatkan makanan fresh pada harga yang tambah murah juga!

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *