Review Makanan Enak Di Indonesia

Kuliner Lezat dan Oleh-Oleh Khas Jogja

admin
admin
September 6, 2019

Jogja itu kota yg ‘ngangenin. Tiap orang yg sudah pernah bertandang atau tinggal disana tentu sepakat dengan pernyataan itu. Dahulu saya sudah pernah tinggal saat tiga tahun buat sekolah serta rasa-rasanya belum juga bahagia telusuri kota ini. Ada sejumlah pojok yg menaruh kenangan tertentu di kepala saya serta tiap kembali lagi sana, rasa-rasanya seperti ziarah ke jaman lampau. Lantaran umumnya sudut-sudut itu yakni tempat makan, dapat di katakan saya telah khatam bab kuliner unik Jogja! Tiada banyak basa-basi, buat persiapan anda sebelum ke Jogja dengan scroll ke bawah!

Kuliner Unik Jogja

1. Gudeg

Sewaktu tiba pertama-tama di Jogja, banyak turis tentu menggempur makanan ikonik ini. Gudeg adalah nangka muda yg digodog serta diolah dengan kuah santan. Rasa-rasanya manis serta gurih, komplet apabila disiapkan dengan nasi putih pulen serta mengepul, sambal krecek, baceman, serta opor ayam. Gudeg miliki dua style ialah gudeg basah serta gudeg kering. Gudeg kering dapat jadikan oleh-oleh serta biasa dibungkus dalam besek atau gentong mini.

2. Brongkos

Setiap pulang ke rumah nenek, lauk ini tentu ada pada meja makan. Brongkos adalah tahu, tempe, daging, serta kacang tolo yg diolah dengan kuah gelap serta gurih lantaran paduan santan serta kluwak. Masakan yg gurih, manis, serta pedas ini adalah favorite Sri Sultan Hamengkubuwono X, lho! Kapan dapat menyamakan lidah raja Keraton, kan?

3. Sate Klathak

Kalaupun plesiran ke Bantul, sate kambing dapat menegur anda selama jalan. Kalaupun umumnya sate ditusuk dengan kayu, sate klathak ditusuk dengan jeruji besi sepeda. Wah, aman gak tuch? Malah dengan besi, daging kambing dapat masak luar dalam dengan sama rata. Bumbunya lantas simpel sekali, cukup taburi garam serta langsung bakar di atas arang. Duh, demikian saja rasa-rasanya ingin nambah . Janganlah lupa gunakan kuah gulainya ya!

4. Santapan Ala Angkringan

Satu diantara kuliner malam disukai banyak orang di Jogja yakni angkringan. Eits, ini bukanlah nama makanannya ya, namun istilah buat gerobak penjual makanannya. Lalu ada apa dalam gerobak ini? Ada nasi kucing dan lauk-pauknya serta tidak lupa: kopi joss! Untuk anda pengagum kopi sejati, mesti coba kopi hitam yg di gabung arang panas ini. Serasi sekali buat kawan makan nasi kucing serta lauk pauk yg berlain-lainan seperti bacem-baceman, tempe goreng tepung, sate puyuh, sate kerang, sate ati ampela serta banyak! Saya saja hingga habis empat bungkus nasi setiap kali makan, nih.

5. Bakmi Godog

Belum kenyang namun suntuk dengan nasi kucing? Silakan coba bakmi satu ini! Rasa-rasanya hangat lantaran kuah kaldunya yg mantap dengan dikit taburan merica. Belum juga sayatan tomat, kubis, serta acar cabainya. Hmm, rindu deh. Warung bakmi berlangganan keluarga saya masaknya masih gunakan anglo, jadi setiap kesana tentu antre. Tetapi buat mie godog campur bihun-mie kuning favorite, saya amat ikhlas! Kebetulan warung-warung bakmi godog membuka malam hari, jadi serasi sekali buat temani udara malam.

6. Oseng-Oseng Mercon

Seusai hangat-hangat dingin dengan bakmi godog, saat ini waktunya hangat-hangat membara! Seperti namanya, oseng mercon itu pedas sekali. Saya yg pengagum pedas saja hingga tidak habis. Paduan kikil, gajih, daging sapi, serta segalanya ditumis dengan cabe rawit yg memang banyak ‘nendang sekali. Yang pasti membuat anda yg ngantuk jadi melek . Seperti bakmi godog, oseng mercon pula ditawarkan waktu malam hari. Berani coba?

7. Mangut Lele Asap

Seusai semua makanan di atas katam hari pertama, waktunya merasakan makanan yg dikit anti-mainstream. Lauk yg satu ini serasi sekali buat makan siang seusai euforia beberapa makanan di atas. Lele yg satu ini dibungkus dengan pelepah daun kelapa serta dibakar dalam tungku. Selanjutnya, disiram dengan kuah santan gurih serta pedas. Seperti gulai di RM Padang namun versus kota gudeg, hihihi. Kudu dikonsumsi dengan nasi putih hangat ya!

Oleh-Oleh Unik Jogja

1. Bakpia

Pamor camilan yg satu ini hampir menyamakan gudeg. Bakpia kondang jadi camilan oleh-oleh unik Jogja, yg terbuat gabungan tepung terigu serta kacang hijau. Itu versus klasiknya ya, lantaran saat ini bakpia miliki model isi seperti keju, cokelat, dll. Mempunyai bentuk bundar serta halus, pas dikonsumsi di perjalanan pulang.

2. Yangko

Kenyal, legit, serta manis. Tersebut yangko alias mochi dari Jogja. Tak seperti mochi umumnya, yangko ini bersifat kotak serta berlain-lainan warna. Mochi ini terbuat dari tepung beras ketan serta berisi kacang yg dicincang. Saya pribadi baru merasakan kudapan ini waktu dioleh-olehi kawan. Rasa-rasanya unik, lho! Intinya anda mesti coba!

3. Jadah Tempe

Kaliurang kondang dengan udaranya yg sejuk serta dingin, namun tidak hanya itu ada jadah tempe Mbah Carik yg melegenda! Jadah yang disebut uli atau olahan ketan disiapkan dengan tempe atau tahu bacem. Rasa-rasanya gurih serta legit, ditambah lagi ditambah cabai hijau yg pedas. Konon kudapan ini tidak dapat diketemukan di sebarang tempat, lho. Jadi bolehlah mendaki sekejap ke Kaliurang buat makanan fantastis dari Jogja ini, hihihi.

4. Salak Pondoh

Seusai makan kudapan manis serta gurih, saat ini saatnya ngemil buah! Tanah di area Jogja serta seputar subur lantaran gunung merapi yg masih aktif. Satu diantara tanaman yg dibuat tanah subur ini yakni salak pondoh. Dagingnya berwarna putih serta kering, namun rasa-rasanya manis beri kesegaran! Cukup pula bawang pulang yg segar-segar, kan?

5. Cokelat Monggo

Tidak butuh jauh-jauh ke Belgia buat nikmati cokelat dengan kandungan kokoa asli. Telah ada satu merk kondang dari Jogja bernama Cokelat Monggo. Mutu cokelat ini tidak disangsikan , lho. Rasa-rasanya seenak cokelat import yg biasa anda beli. Cokelat Monggo ada dalam beberapa model seperti dark chocolate, milk chocolate, praline, bahkan juga ada yg dicampurkan dengan kacang mete serta jahe. Mari serbu sebelum kehabisan!

Bikin artikel ini serius jadi mesin waktu untuk saya. Kecuali daftar makanan serta oleh-oleh di atas, ada banyak jajanan unik Jogja yg butuh anda coba seperti rujak es cream, sate gajih di Pasar Beringharjo, ayam geprek, geplak, dll. Eh namun kalaupun dari daftar di atas, mana yg favorite anda?

Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *